Pemanfaatan FLPP Didominasi Kaum Milenial
Foto : Ilustrasi. (Ist)

Jakarta, HanTer - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan mengungkapkan segmen kalangan milenial menjadi mayoritas segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memanfaatkan subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Memang kalau kita perhatikan pada segmen MBR pun demikian, jadi ada 70 persen lebih yang memanfaatkan subsidi FLPP adalah kalangan milenial," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna, Minggu (19/9).

Herry juga menambahkan bahwa 11 persen segmen MBR yang memanfaatkan fasilitas FLPP berasal dari Generasi Z (Gen Z).

"Ini mungkin menjadi tantangan kita ke depan bagaimana kita bisa lebih melengkapi fitur-fitur untuk memfasilitasi generasi (muda) tersebut untuk dapat memperoleh perumahan pada masa mendatang," katanya.

Menurut Herry, Selama ini semua pihak terfokus kepada MBR, tetapi sebetulnya ada segmen di atas MBR yang juga memiliki kesulitan yang sama untuk mengakses rumah. Ini nanti mungkin menjadi pekerjaan rumah bersama, bagaimana memiliki produk yang tersedia untuk mereka, terutama bagaimana mendorong perumahan tadi lebih ke perkotaan.

"Saat ini fasilitas lebih banyak mengarah keluar kota, mungkin tantangan ke depan adalah bagaimana kita menstrukturkan mulai dari harga rumah yang terjangkau, kemudian produk subsidi yang juga memungkinkan bagi MBR dan kalangan menengah bisa mengakses perumahan dengan lebih baik," katanya. (Ant)