BTN Berikan CSR Sekaligus Resmikan Laboratorium Multimedia Bengkel Guru Unnes
Foto : Bantuan yang akan digunakan untuk pengembangan laboratorium digital diserahkan langsung oleh Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo dan diterima oleh Rektor Unnes Fathur Rochman di gedung rektorat Unnes Semarang, Jumat (11/6/2021).

Jakarta, HanTer - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kembali terlibat dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Keterlibatannya adalah dengan memberikan bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk mendukung sarana dan prasarana di lingkungan kampus.

Kali ini, bantuan CSR itu diberikan kepada Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang seremonialnya berlangsung pada Jumat (11/6/2021) lalu. Bantuan yang akan digunakan untuk pengembangan laboratorium digital yang disebut Laboratorium Multimedia Bengkel Guru, diserahkan langsung oleh Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo dan diterima oleh Rektor Unnes Fathur Rochman di gedung rektorat Unnes Semarang.

Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo menyampaikan pemberian bantuan ini merupakan bentuk dukungan BTN kepada UNNES untuk menghasilkan para pendidik yang berkualitas.

Selain itu, Haru juga berharap bahwa kerja sama yang telah terjalin antara UNNES dan BTN akan terus berlangsung. “Semoga jalinan kerja sama yang telah terjalin antara UNNES dan BTN kedepannya akan lebih baik. UNNES dan BTN akan saling bersinergi dalam membangun kemajuan bangsa Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyampaikan peran UNNES sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) adalah mempersiapkan guru profesional melalui pendidikan akademik dan pendidikan profesi guru.

Ia menambahkan upaya UNNES dalam mendampingi guru tentu saja tidak mudah. Agar pendampingan terhadap guru berjalan efektif dan optimal, UNNES perlu berkolaborasi dengan pihak lain, termasuk pihak perbankan seperti Bank BTN.

Oleh sebab itu ia menilai bantuan BTN ini menunjukkan kepedulian terhadap guru dan pendidikan pada umumnya.

“Bantuan ini berarti bukan saja karena kecanggihan peralatan dan teknologinya, tetapi juga membuktikan bahwa semua pihak memiliki kepedulian terhadap guru dan pendidikan pada umumnya. Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan perbankan menunjukkan kita semua memiliki kepedulian terhadap guru, kepedulian terhadap pendidikan Indonesia,” ucap Prof Fathur.

Prof Fathur juga menyebutkan kepercayaan Bank BTN untuk menyalurkan CSR-nya melalui UNNES adalah amanah besar bagi UNNES. “Insya Allah kami akan berupaya sebaik mungkin memanfaatkan fasilitas ini sehingga berdampak besar terhadap peningkatan kualitas guru," katanya.

"Melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) UNNES telah memiliki pengalaman panjang dalam mengelola layanan pengembangan profesi guru. Kami memiliki para peneliti, para doktor, dan para professor yang memiliki perhatian besar terhadap pendidikan, termasuk pengembangan profesi guru," Prof Fathur mengakhiri.

Dalam acara ini juga, Rektor UNNES bersama Direktur Utama Bank BTN sekaligus meresmikan Laboratorium Multimedia Bengkel Guru.