Tidak Menyebarkan di Media Sosial, Upaya Perlindungan Data Pribadi di Era Digital
Foto : Tiga narasumber bertema Upaya Perlindungan Data Pribadi di Era Digital/ ist

Jakarta, HanTer - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menggelar seminar online bertajuk Literasi Digital: Upaya Perlindungan Data Pribadi di Era Digital. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber handal, yakni, Drs H Mukhlis Basri (Anggota Komisi I DPR RI), Tuaman Manurung SH MH CLA (Sub Koordinator Bidang Regulasi Perlindungan Data Pribadi Kominfo) dan Drs Oyos Saroso HN (wartawan senior). 

Seminar yang diikuti beragam komponen masyarakat ini memiliki beberapa tujuan. Diantaranya, mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media untuk bertukar informasi. 

Dalam paparannya Mukhlis mengingatkan pentingnya menjaga data pribadi.

“Kita juga harus memperhatikan urgensi Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) untuk melindungi data masyarakat Indonesia,” katanya, Kamis (16/9/2021).

Hal serupa diungkapkan Manurung terkait perkembangan pemabahasan RUU PDP serta menjelaskan peran Kominfo terkait perlindungan data pribadi di Indonesia. 

“Kami berharap seluruh masyarakat dapat menjaga data pribadi masing-masing,” tegasnya.

Sedangkan, Oyos menyampaikan beberapa kasus pelanggaran penggunaan data pribadi yang sempat terjadi di masyarakat.

“Intinya semua ini agar kita lebih waspada dalam menggunakan data pribadi dan data milik orang lain. Salah satunya dengan tidak menyebarkannya di media sosial. Untuk itu, diperlukan  beberapa strategi untuk melindungi data pribadi,” tuturnya.