Serunya Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Lewat Bedah Musik Kebangsaan
Foto : Bedah Musik Kebangsaan di IPB/ ist

Bogor, HanTer – Sejauh ini Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menggelar acara bertajuk Bedah Musik Kebangsaan sebagai Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Lewat Musik 2021.

Acara yang digelar di Auditorium Andi Hakim Nasution IPB University, Bogor, juga terselenggara atas kerja sama dengan Indonesia Care dan Sinergy Foundation.

Menurut Plt Sekretaris Utama BPIP, Dr Karjono dulu orang mengenal Pancasila dengan doktrin seperti hafalan dan pelajaran konstitusi. "Tapi kalau diajarin seperti itu lagi, generasi milenial bisa tidur," katanya, seperti keterangan diterima Harian Terbit, Rabu (13/102021).

Dikatakan Karjono, untuk menyosialisasikan Pancasila bisa dilakukan dengan sejumlah hal. Misalnya, dengan kuliner, kesenian, dan film atau animasi. "Itu adalah sentuhan supaya generasi milenial tersentuh Pancasila," tambah Karjono. 

Lewat bedah musik ini, lanjut Karjono, ada beberapa hal yang diharapkan kepada para pemuda.  Yakni, ingat Pancasila sebagai perjanjian bangsa, ingat Bhineka Tunggal Ika, ingat NKRI, dan ingat UUD 1945.  "Intinya ini harus kita pegang teguh," tegasnya.

Hal serupa dikatakan Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan, beberapa tahun lalu dia mendirikan Sinergy Foundation. Kemudian, dia berinteraksi dengan sejumlah musisi yang memiliki idealisme seperti Pay Burman dan Ari Lasso yang sudah bergabung dalam Indonesia Care.

"Sejauh ini mereka musisi tapi idealismenya soal Pancasila tak perlu diragukan. Bagi mereka musik harus menjadi alat propaganda," katanya.

Alhasil, Sinergy Foundation dan Indonesia Care bekerja sama dengan membuat album lagu-lagu bertema kebangsaan. Ada lima lagu bertema kebangsaan dan empat lagu nasional yang didaur ulang. 

"Musik harus menjadi bahasa universal untuk mengenalkan Indonesia. Sebisa mungkin kita masuki gaya dan keinginan tren anak-anak muda sekarang," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut ditampilkan pertunjukan musik dari musisi yang tergabung dalam Indonesia Care. Para musisi ini membawakan lagu-lagu nasional dengan aransemen kekinian. Di antaranya lagu Bangun Pemudi Pemuda dan Rayuan Pulau Kelapa. 

Kemudian, digelar bedah lagu Bangun Pemudi Pemuda karangan Alfred Simanjuntak oleh Ahmad Doli Kurnia. Sedangkan, hadir pada acara ini Rektor IPB Prof Arif Satria dan Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP M Akbar Hadiprabowo serta sejumlah mahasiswa IPB.