Petugas Musnahkan 31,6 Kilogram Organ Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi di Pasar Rebo
Foto :

Jakarta, HanTer - Petugas Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur menemukan organ hewan kurban tak layak konsumsi di Kecamatan Pasar Rebo. Organ hewan yang tak layak konsumsi itu lantas dimusnahkan agar tidak dibagikan kepada masyarakat.

Kasatpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo Irawati Harry Artharini mengatakan, organ hewan kurban yang tidak layak dikonsumsi itu ditemukan setelah dilakukan pemeriksaan postmortem atau setelah kematian di tempat pemotongan hewan.

"Organ dalam yang diafkir (musnahkan) sebanyak 31,6 kilogram terdiri dari 9,2 kilogram paru, dan 22,4 kilogram hati. Ini akumulasi hasil pemeriksaan tanggal 20 dan 21 Juli 2021," kata Irawati di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021).

Dia menjelaskan, organ dalam hewan yang dimusnahkan tersebut lantaran ditemukannya penyakit pneumonia atau penyakit paru dan ditemukan cacing hati dengan jumlah yang banyak.

"Total hewan yang diperiksa di Kecamatan Pasar Rebo sampai sekarang sebanyak 230 ekor. Terdiri dari 74 ekor sapi, 154 kambing, dan 2 domba. Ini hasil pemeriksaan di 10 lokasi tempat pemotongan hewan kurban," ujarnya.

Sementara itu petugas pengawas hewan kurban Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Zakiatun Muhammad menuturkan, pemeriksaan postmortem yang dilakukan pihaknya memfokuskan memeriksa organ hati, jantung, paru, limpa, dan ginjal seluruh hewan kurban yang di seluruh tempat pemotongan.

"Dari hasil pemeriksaan ada organ hewan kurban tak layak konsumsi maka petugas memisahkan bagian tersebut lalu diberi cairan kimia agar tak dikonsumsi untuk kemudian dimusnahakan," tuturnya.