Resmikan Rusun Pasar Rumput, Jokowi Senang Warga Pinggir Ciliwung Juga Jadi Penghuninya
Foto : instagram rusunrumput

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rumah susun (Rusun) Pasar Rumput di Jakarta Selatan, Senin (20/9/2021) pagi.

Ia menyebut Rusun Pasar Rumput dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial, dan tempat parkir yang dibangun sejak 2016.

"Hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,” ujarnya. 

Jokowi kemudian menyebut sejumlah keistimewaan Rusun Pasar Rumput tersebut yang dibangun  dengan konsep mix use development.

Ini artinya rusun tak hanya berfungsi sebagai hunian dengan 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25. Rusun ini juga dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2. 

Menurutnya, hal serba lengkap ini akan memudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi. Di antaranya seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.

Keistimewaan lain yang diuraikan Jokowi adalah terkait akses jalur transportasi yang mudah dan  terintegrasi. 

"Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena didukung jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas,” katanya. 

Ada hal lain yang menggembirakan Jokowi. 

“Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir,"  ujarnya. (*/yp)