Diperiksa KPK, Ini Pertanyaan yang Diajukan Penyidik ke Anies Baswedan
Foto : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (instagram aniesbaswedan)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selesai menjalani pemeriksaan penyidik KPK terkait pengadaan tanah di Munjul, Jakarta Timur. 

Ia mengatakan pertanyaan yang diajukan penyidik 
menyangkut landasan program dan peraturan- peraturan di Jakarta. 

"Saya berharap penjelasan yang tadi disampaikan bisa bermanfaat bagi KPK untuk menegakkan hukum, menghadirkan keadilan, dan memberantas korupsi," katanya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (21/9/2021).

Ia menyebut penyidik mengajukan delapan pertanyaan. Selain itu, ada sembilan pertanyaan lain seputar biografi formil termasuk tanggal lahir. 

"Sebenarnya sudah selesai pukul 12.30 WIB, tapi kemudian panjang untuk mereview yang tertulis itu sama. Tuntas semua jam 15-an lalu selesai," ujarnya. 

Selain Anies, hari ini penyidik KPK juga memeriksa Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. Keduanya diperiksa sebagai saksi kasus uang yang sama. 

Dalam kasus ini, menetapkan lima tersangka korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Jakarta Timur. 

Mereka adalah mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan, Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtunewe, Direktur PT Adonara Propertindo Tommy Adrian dan juga menetapkan PT Adonara Propertindo sebagai tersangka korporasi. (*/yp)