Jokowi Lakukan Groundbreaking Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara
Foto : Presiden Jokowi saat groundbreaking pabrik baterai kendaraan listril di Karawang, Jawa Barat. (youtube sekretariat presiden)

KARAWANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021). 

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, hari ini groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia, saya nyatakan dimulai,” ujarnya dalam acara yang juga diunggah di kanal Sekretariat Presiden di YouTube, Rabu (15/9/2021). 

Presiden didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. 

Dalam sambutannya, Kepala Negara menyebut pabrik baterai kendaraan listrik dengan nilai investasi 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp15,6 triliun ini yang pertama dibangun di Indonesia. 

"Kita bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia. Bahkan pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi USD1,1 miliar,” katanya. 

Menurutnya, pembangunan pabrik tersebut merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam melakukan hilirisasi industri. 

“Kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi, masuk ke industrialisasi menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi," ujarnya. (*/yp)