Cirebon dan Purwakarta PPKM Level 4, Ridwan Kamil Jelaskan Realitanya
Foto : Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (instagram ridwankamil)

BANDUNG - Dua daerah di Jawa Barat,Cirebon dan Purwakarta, berstatus level 4 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah dalam masa pandemi Covid-19. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut naiknya status dua daerah tersebut  dalam PPKM level 4 bukan berarti terjadi kenaikan kasus Covid-19. 

"Cirebon dan Purwakarta kesimpulannya bukan ada kenaikan kasus atau faktor epidemiologi. Tetapi lebih kepada update data lama hasil disinkronisasi dengan pemerintah pusat," kata Ridwan Kamil dalam keterangan pers virtual, Selasa (14/9/202). 

Menurutnya, ada keterlambatan sinkronisasi data, dua daerah tersebut hingga masuk status PPKM level 4.

"Secara realita bukan di PPKM level 4 tapi karena data yang dibaca memang ada data tambahan dari kasus masa lalu, maka dihitung sebagai PPKM level 4," sambungnya. "Ini sedang dikomunikasikan kepada pemerintah pusat difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat."

Ia kemudian memberi contoh. Dalam empat hari terakhir tidak ada penambahan angka kematian akibat Covid-19 di Purwakarta. Ini seharusnya tak menjadikan daerah itu masuk dalam level 4 PPKM. 

"Catatan kematian harian Purwakarta itu 0," ujarnya. 
(*/yp)