RUU PDP Segera Disahkan dan Direalisasikan, Masyarakat Cerdas Peduli Data Pribadi
Foto : Tiga narasumber seminar virtual bertajuk Masyarakat Cerdas Peduli Data Pribadi/ ist

Jakarta, HanTer - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar virtual bertajuk Masyarakat Cerdas Peduli Data Pribadi. 

Tiga pembicara handal dihadirkan dalam kegiatan tersebut, yakni, Fadhullah, SE (Anggota Komisi I DPR RI), Hendri Sasmita Yuda, SH, MH (Koordinator Tata Kelola Perlindungan Data Pribati Direktorat Tata Kelola APTIKA Kementerian Kominfo RI) dan Afdhal Mahatta (dosen BLP Podomoro University). 

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mendapatkan pengetahuan cara-cara melindungi data pribadi. 

Dala paparannya Helmy mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksin guna melindungi semua dari virus Covid-19. 

“Jadikan seminar ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengedukasi masyarakat untuk menghindari penyebaran data pribadi,” katanya, Rabu (15/9/2021).

Hal serupa disampaikan Hendri Sasmita Yuda agar masyarakat lebih berhati-hati, sadar dan bijak untuk melindungi data pribadinya.

“Mulai sekarang sebaiknya memperketat data pribadi jangan asal untuk membagikan ke seseorang. Untuk itu kementerian sendiri sudah menerbitakan modul terkait perlindungan data pribadi yaitu tentang cara beretika di media digital,” terangnya.

Sedangkan, Afdhal Mahatta menjelaskan semua pihak harus lebih pro aktif untuk melindungi data pribadi.

“Semoga RUU PDP segera disahkan dan direalisasikan. Selain itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam penggunaan data pribadi,” tutupnya.