KPK: Bantahan Azis Syamsuddin Dalam Persidangan Tak Pengaruhi Dakwaan
Foto : Azis Syamsuddin

Jakarta, HanTer - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, seluruh bantahan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam persidangan tidak mempengaruhi dakwaan jaksa untuk mantan penyidik Stepanus Robin Pattuju. KPK yakin memiliki bukti kuat dalam kasus mafia perkara ini.

“Kami menilai bantahan-bantahan saksi Azis Syamsuddin di depan majelis hakim, tidak berpengaruh pada pembuktian surat dakwaan jaksa KPK,” ujar pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa (26/10/2021).

Azis menjadi saksi dalam sidang dengan terdakwa Robin Pattuju di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (25/10/2021). Saat bersaksi, Azis membantah banyak hal, seperti dia membantah memberikan uang kepada Robin Pattuju untuk mengurus perkaranya di KPK. Dia mengatakan, uang itu merupakan pinjaman. 

Selain itu, Azis juga membantah meminta bantuan kepada Robin. Dia merasa bila ingin meminta bantuan, bisa langsung menghubungi komisioner KPK.

Ali berujar, pengakuan atau bantahan merupakan hak saksi. Namun, ucap dia, KPK memiliki bukti yang kuat terhadap perubatan Robin Pattuju dkk. 

“Dan itu tentu bukan hanya dari alat bukti keterangan saksi Azis Syamsudin saja,” jelas Ali.

Tim jaksa KPK, ungkap dia, akan menuangkan dan merumuskan seluruh fakta-fakta hasil sidang dari awal sampai akhir nanti ke dalam analisa yuridis surat tuntutan.

 “Dari seluruh rangkaian proses persidangan tersebut, kami sangat yakin Majelis Hakim nantinya akan memutus bersalah terhadap terdakwa,” ulas dia.

Dalam perkara ini, KPK mendakwa Robin dan pengacara Maskur Husain menerima duit Rp 11,5 miliar dari sejumlah pihak untuk mengurus perkara di KPK. Salah satunya, diduga berasal dari Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado. KPK menyebut  Azis memberikan uang itu agar Robin mengurus perkara Dana Alokasi Khusus Lampung Tengah yang menyeret nama Azis dan Aliza. KPK telah menetapkan Azis menjadi tersangka.