Debby Kurniawan: Jadikan Bangsa yang Besar dengan Maknai Hari Sumpah Pemuda
Foto : Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan

Jakarta, HanTer – Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan menilai Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum bangkitnya generasi muda untuk merajut nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Itu semua telah dibuktikan para pemuda pada 93 tahun lalu.

“Para pemuda pada 1928 dengan gegap gempita bersatu untuk mewujudkan cita-cita luhur, yang menjadi tonggak perlawanan terhadap penjajahan di Bumi Pertiwi,” ujar Debby Kurniawan di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Kebangkitan para generasi muda saat ini, menurut Politisi Partai Demokrat ini, yakni menjadikan bangsa Indonesia, bangsa yang terhormat dan dihormati di kancah internasional.

“Generasi milenial jangan berdiam diri. Buktikan dengan berkarya dan sukses di bidangnya masing-masing untuk menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang terhormat,” kata Debby.

Lebih jauh Debby mengungkapkan, generasi muda adalah aset bangsa. Di tangan merekalah masa depan bangsa digantungkan. Untuk itu, menurut Debby, sangat penting memberikan kesempatan dan anggaran yang cukup kepada generasi muda untuk berkreasi seluas-luasnya.

“Tanamkan pula kesadaran kebangsaan di dada mereka (para pemuda) dengan persatuan dan kesatuan. Agar impian generasi penerus bangsa ini bisa terwujud,” terang Debby.

Menurut Debby, penting juga untuk menanamkan rasa keberagaman kepada generasi muda. Bahwasanya ke-Bhinekka-an di Tanah Air ini telah tumbuh sejak 1928 lalu.

“Kesadaran keragaman ini akan tetap tumbuh di jiwa para pemuda Indonesia. Tanah Air ini kaya dengan sumber daya alam (SDA) dengan keragaman suku, bahasa dan agama (Bhinekka Tunggal Ika),” ungkap Debby.

Momentum Hari Sumpah Pemuda juga, dikatakan Debby, menjadi tonggak pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Sebab, mereka harus tumbuh menjadi pribadi yang terpelajar atas dirinya.

“Generasi muda harus menjadi sosok yang tangguh dengan beragam kompetensi yang dimiliki, agar mampu mengatasi tantangan di masa depan,” ujar Debby lagi.

“Kita yakin dengan memaknai Hari Sumpah Pemuda tersebut, maka simpul kebangsaan akan tetap terjaga dan menghantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan dihormati bangsa-bangsa di dunia,” imbuhnya.