Sepak Bola Putri Swedia Tumbangkan Amerika 3-0
Foto : Seleberasi para pemain Swedia

Jakarta, HanTer - Tim sepak bola wanita Swedia memberikan kejutan pertama di Olimpiade Tokyo 2020 sebelum ajang tersebut resmi dimulai pada hari Jumat (23/7/2021).

Menggunakan jersey kuning dan biru neon, Swedia mengalahkan peraih medali emas Olimpiade empat kali, Amerika Serikat, dengan skor telak 3-0 pada hari pertama turnamen sepak bola Olimpiade.

Sundulan Stina Blackstenius ke sudut jauh dari umpan silang Sofia Jakobsson pada menit ke-26 memberi Swedia keunggulan di babak pertama.

Amerika Serikat memiliki peluang untuk menyamakan keadaan di babak pertama, namun tembakan Rose Lavelle masih membentur tiang gawang. Statistik paruh waktu dari enam tembakan ke gawang untuk Swedia dengan 10 tepat sasaran, sementara AS satu tembakan ke sasaran dan tiga kali melebar dari gawang.

Pelatih Vlatko Andonovski membuat perubahan untuk babak kedua, mengganti Carli Lloyd untuk Alex Morgan dan Julie Ertz untuk Sam Mewis.

Tapi Blackstenius kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-54, memperdaya kiper Alyssa Naeher, saat Amerika terus berjuang menghasilkan gol. Kemudian Lina Hurtig mencetak gol ketiga bagi Swedia di menit ke-72.

Kekalahan itu adalah yang pertama bagi Amerika Serikat di bawah Andonovski, yang mengambil alih ketika mantan pelatih Jill Ellis mengundurkan diri menyusul kemenangan tim Piala Dunia di Prancis.

Bahkan kekalahan di Rio pada 2016 menandai keluarnya USWNT paling awal dalam sejarah Olimpiade, setelah sebelumnya mencapai final setiap edisi Olimpiade sejak 1996, ketika acara putri diperkenalkan.

Swedia tidak diperkuat Magda Eriksson karena cedera. Tim mengatakan dia telah berlatih, tetapi karena jadwal turnamen yang padat, dia tidak dapat mengikuti pertandingan pembuka.

Swedia dan Amerika Serikat tergabung dalam Grup G bersama Australia dan New Zealand.

Melalui hasil ini, Swedia berada dipuncak klasemen sementara dengan poin 3, disusul Australia dengan nilai sama pasca menundukkan New Zealand dengan skor 2-1.

Pertandingan Swedia selanjutnya adalah melawan Australia di Saitama Stadium, Sabtu (24/7/2021). Tim Amerika Serikat menyusul beberapa jam kemudian melawan Selandia Baru.