Menakar Peluang Emas Bulutangkis di Tokyo, Djoko Pekik: Kita Masih Punya Ginting
Foto : Anthony Sinisuka Ginting (NOC Indonesia)

Jakarta, HanTer - Djoko Pekik Irianto tetap menatap optimis bahwa Indonesia masih berpotensi besar membawa pulang medali emas ke Tanah Air saat mengarungi Olimpiade 2020. 

Meski sejumlah atlet bulutangkis unggulan Indonesia mengalami kejutan dengan tumbang secara bergantian, namun ia cukup yakin Merah Putih bisa memecah telur mendapatkan emas pertamanya.

Saat ini, tersisa dua nomor yang masih berjuang memperebutkan medali emas, yakni ganda putri yang diperkuat Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra. 

"Kita masih punya Ginting," singkat pria yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (APKORI) saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Jumat (30/7/2021). 

Ya, Ginting menjadi salah satu tulang punggung dan harapan Indonesia untuk menebus kegagalan tim unggulan bulutangkis Indonesia seperti Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra di ganda putra.

Ginting akan bertarung di perempatfinal Sabtu (31/7/2021) dengan menantang peringkat tiga dunia asal Denmark, Anders Antonsen. Sedangkan Ginting bercokol di peringkat lima dunia. Kemenangan akan membawa Ginting ke semifinal. 

Peluang emas juga terbuka diraih ganda putri Indonesia. Greysia/Apriyani memerlukan dua kemenangan untuk berdiri di podium tertinggi. Tugas pertama mereka ialah menaklukkan pasangan Korea, Lee So-hee/Shin Seung-chan, Sabtu (31/7/2021).

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu saat ini menduduki ranking enam dunia versi BWF. Sedangkan calon lawannya bertengger dua peringkat di atas mereka, yakni urutan empat dunia.