Garuda Diminta Pantang Jemawa Masuk Grup B Piala AFF
Foto : Timnas Indonesia

Jakarta, HanTer - Timnas Indonesia berada di grup ringan saat mengarungi gelaran bertajuk Piala AFF 2020. Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong berada di Grup B. Mereka bergabung dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. Sedangkan Grup A dihuni Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan satu slot pemenang kualifikasi.

Kepastian Indonesia berada di Grup B Piala AFF 2020 tak lepas setelah berakhirnya drawing secara virtual dalam turnamen sepakbola dua tahunan antar negara di wilayah Asia Tenggara, Selasa (21/9/2021).

Melihat hasil drawing tersebut, PSSI melalui Yunus Nusi selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) mengatakan bahwa Grup B akan berjalan ketat. Apalagi diiisi tim kuat seperti Vietnam dan Malaysia. Begitupun dengan Kamboja dan Laos yang pantang diremehkan.

Kendati begitu, Yunus tetap optimis peluang Indonesia untuk lolos ke fase berikutnya yakni babak gugur cukup terbuka. “Kami yakin Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B ini. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi di ajang tersebut," katanya.

Soal drawing ini, Shin Tae-yong menyambut baik. Ia ingin segera mengetahui tempat di mana Piala AFF Suzuki 2020 ini digelar. “Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik,” ujar dia.

Terpisah, Akmal Marhali selaku Koordinator Save Our Soccer (SOS) turut memberikan pandangan tentang peluang Indonesia di Grup B. Sejatinya, skuad Garuda sangat beruntung berada di kelompok yang tak terlalu berat. Akan tetapi Akmal tetap mengingatkan agar skuad Shin Tae-yong pantang jemawa.

"Timnas Indonesia beruntung tergabung di  Grup B Piala AFF 2020 setelah dilakukan undian secara virtual dari Singapura. Maklum, dibandingkan Grup A, persaingan di Grup B lebih ringan. Kuncinya buat timnas Indonesia arahan pelatih Shin Tae-yong ada saat melawan Malaysia," ujarnya.

"Asalkan tidak merasa inferior setiap bertemu Malaysia, timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan. Bandingkan dengan Grup A yang persaingannya sangat ketat. 

Sebagaimana diketahui, rencananya Piala AFF dimulai pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Pada Piala AFF Suzuki 2018, Indonesia gagal lolos ke babak semifinal. Saat itu Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Saat itu, skuad Garuda yang ditangani pelatih Bima Sakti Tukiman tersisih di penyisihan grup karena kalah bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.