Xavi Diyakini Teruskan Tongkat Estafet Koeman
Foto : Xavi Hernandez

Catalan, HanTer - Legenda Barcelona Xavi akan segera dikonfirmasi sebagai manajer baru klub. Dan sekarang, di masa krisis ini, saatnya lompatan keyakinan dari presiden Joan Laporta tidak berbeda dengan yang dia ambil ketika mempromosikan Pep Guardiola, bos tim Barcelona B saat itu, 13 tahun yang lalu.

Bedanya kali ini adalah, meski dia mengagumi, menghormati, dan percaya pada Guardiola, dia tidak memiliki perasaan yang sama terhadap Xavi. Sampai saat ini Xavi, yang saat ini menangani Al Sadd di Qatar, dan Laporta jarang berbicara satu sama lain. 

Tetapi dalam sepakbola seperti dalam kehidupan, terutama lantaran faktor kebutuhan, baru-baru ini mereka telah membangun komunikasi, meskipun melalui perantara, dan dengan segala cara semakin dekat.

Pada Rabu malam Laporta menelepon Xavi. Pekerjaan selesai. Xavi tentu tidak akan memiliki kekuatan seperti Laporta yang akan dia miliki jika Victor Font terpilih sebagai presiden.

Xavi akan menciptakan struktur sepakbola baru di klub dengan dirinya sendiri yang bertanggung jawab jika Font menang. Tapi dia pasti akan membawa beberapa stafnya untuk berjuang bersama-sama mendongkrak kembali nama besar Barcelona.

"Saya bertemu Xavi di musim panas dan yang bersinar adalah tekadnya untuk menjadi manajer di Barcelona," kata kolumnis BBC Sport, Guillem Balague, Kamis (28/10/2021).