Ekonomi Bangsa ‘Nyungsep’, Rizal Ramli Mampu dan Punya Solusi Mengatasinya
Foto : Ekonom senior Rizal Ramli

Oleh: Syafril Sjofyan 

Masyarakat harus diajarkan untuk mencari dan memilih pemimpin disesuaikan dengan permasalahan bangsa yang dihadapi. Kedepan yang paling berat adalah masalah ekonomi, karena utang yang dibuat oleh rejim Jokowi bukan bukan main, ekonomi rakyat dalam keadaan hancur lebur. 

Pemimpin yang punya kemampuan untuk keluar dengan cepat dari permasalahan ekonomi yang berat negeri ini, adalah Dr. Rizal Ramli (RR) yang punya pengalaman dan konsep untuk keluar dari permasalahan Ekonomi, dan memiliki kemampuan untuk setara berbicara dan menekan pemimpin Negara Raksasa, seperti Jin Ping Presiden RRC dan Biden Presiden USA. 

Pergaulan international RR dibidang ekonomi sangat luas, beberapa penguasa ekonomi negara maju seperti Jepang, Jerman dan Inggris adalah teman RR.

Ada yang bilang RR nanti jadi Menteri saja dibidang ekonomi, justru salah atau tidak tepat karena Menteri itu hanya pembantu Presiden, jika Presidennya tidak paham soal ekonomi dan permasalahan berat di bidang ekonomi, malah akan jadi bumerang. Jika Presiden-nya punya kemauan sendiri, tetap tidak akan terjadi perubahan cepat dibidang Ekonomi. 

Contohnya era Jokowi sehingga ekonomi selama periode pertama pertumbuhan stag di 5%, diperiode kedua hancur lebur, sementara Menteri Keuangan cuma punya konsep jalan pintas dan mudah hanya menambah utang, sementara UU ESDM yang dibuat tidak berpihak kepada pertumbuhan, hanya memperkaya modal dan ini mengerikan bagi Pemerintah kedepan. 

Siapapun Presiden, jika hanya mengandalkan kepopuleran tidak paham solusi ekonomi, akan bermasalah bagi bangsa dan negara tetap stag dan mungkin semakin suram.

*) Pengamat Kebijakan Publik, Aktivis Pergerakan 77-78