Hello,

Reader

Soal Harga Avtur, Pertamina Jangan Ditekan dan Dijadikan Kambing Hitam
Soal Harga Avtur, Pertamina Jangan Ditekan dan Dijadikan Kambing Hitam

Oleh : Ferdinand Hutahaean, Pengamat Energi

Tanggapan Menteri Rini atas tudingan INACA yang menuding Avtur PT Pertamina sebagai biang kerok naiknya harga tiket dan meminta Pertamina menurunkan harga Avtur sudah benar. Pertamina jangan ditekan, Pertamina jangan jadikan kambing hitam atas kegagalan managemen Garuda misalnya memperbaiki kinerja perusahaan dan akhirnya menuding pihak lain, ini tidak baik.

Apa yang disampaikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno sudah benar, tapi menurut saya itu tidak cukup. Dirut Garuda mestinya dicopot karena tudingannya telah mengakibatksn kegaduhan baru di internal kabinet Jokowi. Menteri Perhubungan, Menteri ESDM dan Dirut Garuda seolah berkomplot untuk menyerang Pertamina dengan menyalahkan harga Avtur.

Mestinya ini tidak terjadi, Menteri BUMN yang dipermalukan oleh menteri ESDM dan Menhub dalam hal ini. Terlebih lagi Dirut Garuda ada dibawah kewenangan Menteri BUMN, tapi malah terkesan menyerang pimpinannya atau pemegang saham. Ini gaduh, tidak cukup Rini hanya membela Pertamina tapi harus mencopot Dirut Garuda. Ulahnya sudah diluar kepatutan menjaga harmoni dan sinergi BUMN.

Patut juga dicurigai kepentingan Menteri ESDM yang ingin perusahaan asing menjual avtur dibandara nasional kita. Ini namanya menghancurkan BUMN Pertamina, karena tentu Pertamina akan kesulitan bersaing sebagsi akibat dari kewajiban Pertamina menyediakan Avtur secara nasional. Kalau asing mau masuk bisnis avtur ini, silahkan, tapi wajibkan di bandara perintis dulu baru bandara besar. Jangan cuma mau enaknya saja.


#Tarifpesawat #menteribumn #avtur #pertamina

Komentar Anda
Komentar