Hello,

Reader

Aplikasi UPJA Smart Mobile Diharapkan Optimalkan Kegunaan Alsintan
Ilustrasi Alsintan
Aplikasi UPJA Smart Mobile Diharapkan Optimalkan Kegunaan Alsintan

Jakarta, HanTer -  Dalam upaya mendorong pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di perdesaan,  Kementerian Pertanian meluncurkan aplikasi UPJA Smart Mobile.

Menurut Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian - Pending Dadih Permana, manfaat utama aplikasi UPJA Smart Mobile adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan jasa alsintan oleh UPJA. Informasi harga sewa alsintan, jenis alsintan yang dibutuhkan, jasa penggilingan padi, penjualan benih, jasa pelatihan, penjualan sparepart, akan cepat didapat informasinya oleh konsumen.

Banyak kendala yang dihadapi UPJA saat ini. Di antaranya rendahnya kepemilikan lahan, kurangnya pendidikan dan keterampilan operator alsintan, kurang modal, serta belum efisien pengelolaan usaha tani. Belum optimalnya pemanfaatan tersebut bisa dilihat pada pengelolaan alsintan oleh poktan/gapoktan belum seluruhnya melalui UPJA dan cenderung pemanfaatan alsintan secara individu. 

Pengelolaan pemanfaatan alsintan dengan konsep brigade belum dilaksanakan sepenuhnya baik oleh Dinas Pertanian, Unit kerja Korem/Kodim maupun oleh UPJA dimana pemanfaatan alsintan belum menggerakkan semua alsintan di masing-masing wilayah secara serempak. 

Guna mengatasi kendala yang dihadapi UPJA, aplikasi UPJA Smart Mobile diharapkan jadi solusi. UPJA Smart Mobile adalah hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) yang telah dilaunching akhir tahun 2018 yang lalu. 

"Aplikasi berbasis android ini dapat gunakan untuk membantu mengoptimalkan pemanfaatan alsintan di tingkat pedesaan," ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Dadih Permana, Senin (4/2).

UPJA Smart Mobile adalah aplikasi android yang digunakan untuk melakukan usaha jasa pengolahan tanah, jasa irigasi, jasa penanaman padi, jasa panen padi, jasa penggilingan padi, jasa jual benih, jasa jual gabah, jasa pelatihan untuk operator alsintan, perawatan dan perbaikan alsintan, serta jasa penjualan suku cadang alsintan. 

"Kegunaan utama aplikasi UPJA Smart Mobile ini adalah meningkatkan efisiensi jasa penyewaan alsintan di UPJA melalui proses penyewaan dengan cepat, memberikan informasi harga sewa, spesifikasi alsintan, jasa penggilingan padi, jual benih, jasa pelatihan, jual spare part," paparnya.

Selain itu, keunggulan aplikasi UPJA berbasis android ini memudahkan pelanggan mendapat informasi yang lengkap mengenai alsintan dan tidak perlu datang ke tempat pengelola UPJA. Kemudahan lainnya pelanggan mendapatkan informasi harga yang jelas dalam aplikasi UPJA Smart Mobile ini.

Untuk mendapatkan aplikasi UPJA Smart Mobile ini caranya sangat mudah. Karena aplikasi ini sudah tersedia pada google playstore atau dapat mengakses link https://play.google.com/store/apps/details?id=id.upja.application

"Aplikasi UPJA Smart Mobile saat ini masih dalam proses uji coba dan diterapkan tahun 2019 ini. Selanjutnya aplikasi akan selalu dilakukan Pembaharuan System, dan tampilan disempurnakan untuk membantu UPJA dalam mengoptimalkan pemanfaatan alsintan," pungkasnya.


#AplikasiUPJA #SmartMobile #Alsintan

Komentar Anda
Komentar