Hello,

Reader

Jokowi dan Prabowo Berebut Suara Umat Muslim, Siapa Dipilih?
Pasangan Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga
Jokowi dan Prabowo Berebut Suara Umat Muslim, Siapa Dipilih?

Jakarta, HanTer-- Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno berusaha merebut suara umat muslim di Pilpres 2019 mendatang. Kedua pasangan ini  gencar mendatangi ulama, masjid, pesantren, dan lembaga-lembaga ibadah umat Islam lainnya. Siapa yang menang dan bakal dipilih umat muslim?

“Kalau menurut perkiraan saya mayoritas umat Islam merasa lebih memilih pasangan Prabowo-Sandi. Apalagi Keduanya putra terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia yang mendapat dukungan para ulama dan para habaib,” kata Ketua Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Mohammad Naufal kepada Harian Terbit, Rabu (6/2/2019).

Naufal memaparkan, saat ini di belakang Prabowo banyak ulama -ulama yang istiqomah dan konsisten memback upnya agar bisa memenangkan Pilpres 2019. "Jadi umat Islam kalau mau Islam masih ada di Indonesia maka pilihlah Prabowo - Sandi," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustadz Slamet Maarif mengakui, Jokowi dan Prabowo memang sedang berebut untuk meraih pemilih muslim. Hanya saja siapa yang lebih banyak dipilih umat Islam maka Insya Allah, Prabowo. Sementara Jokowi akan lebih banyak dipilih oleh kelompok non muslim. Saat ini setiap hari ada saja tanda kemenangan capres nomor urut 02.

"Saat ini Allah SWT sedang menunjukkan dengan berbagai peristiwa. Insya Allah paslon 02 yang mendapat rekomendasi ijtima ulama akan lebih dipilih umat Islam," paparnya. 

Ustadz Slamet menuturkan, ada garansi atau jaminan dari ulama bagi siapapun yang memilih Prabowo. Dengan adanya jaminan dari ulama maka umat Islam yang taat dan patuh kepada komando ulama dipastikan akan memilih Prabowo - Sandi. Apalagi ada 17 poin fakta integritas yang sudah ditandatangani Prabowo - Sandi. "Insya Allah, umat Islam akan mematuhi rekomendasi dari ulama," tegasnya. 

Ulama

Sebelumnya Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei terhadap tingkat keterpilihan Joko Widodo dan Maruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Dari hasil survei, Jokowi - Maruf Amin unggul telak mendulang dukungan penuh dari pemilih muslim.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 1.200 responden, diperoleh hasil mayoritas umat Islam merasa lebih terwakili dengan pasangan Jokowi yang memilih Maruf Amin dari kalangan ulama.

"Seperti kita ketahui, Maruf Amin adalah ketua Majelis Ulama Indonesia sedangkan Sandiaga bukan tokoh yang dikenal dalam pergerakan Islam," kata Rully saat ditemui di Graha Dua Rajawali LSI, Jakarta Timur, Jumat (23/8/2018).

Selalu Kalah

Pengamat politik UIN Jakarta, Adi Prayitno meyakini, preferensi masyarakat tidak menjadikan agama sebagai pilihan politiknya di pilpres nanti.

"Kalau melihat yang tampak di permukaan kan seakan akan pemilih muslim terutama yang tradisional dan jumlah seperti NU ini kan mayoritas seakan-akan memilih Kiai Ma'ruf Amin karena kan Kiai Ma'ruf ini simbol, tokoh, panutan yang fatwa fatwanya memang selalu didengar dan diikuti," kata Adi ketika dihubungi, Senin (13/8).

"Tapi politik tidak sesederhana seperti yang kita bayangkan loh, pemilih muslim kita itu tidak menjadikan preferensi agama sebagai pilihan politiknya," imbuhnya.

Keterlibatan ulama dalam politik sebenarnya telah berlangsung sejak lama. 
Saat Pilpres 2004, pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla berhasil menumbangkan pasangan Hamzah Haz-Agum Gumelar, Amien Rais-Siswono Yudohusodo, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, dan Wiranto-Salahuddin Wahid.

"Tidak semua NU dan Muhammadiyah itu satu suara ke salah satu kandidat, kan banyak orang-orang NU-Muhammadiyah artinya cenderung rasional. Bahkan, jika mau belajar, keterlibatan ulama di politik itu kan sudah sejak lama, di tahun 2004 ada Hasyim Muzadi, Salahuddin Wahid, Amien Rais, tapi kalah sama Pak SBY saat itu," papar Adi. 


#Jokowi-Maruf #Prabowo-Sandi

Komentar Anda
Komentar