Hello,

Reader

Tarif Resmi MRT Rp8.500 Secara Diumumkan
Tarif Resmi MRT Rp8.500 Secara Diumumkan

Tarif Resmi MRT Rp8.500 Secara Diumumkan

 

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa pembangunan sarana transportasi di Jakarta diperkirakan selama 10 tahun secara masif sepanjang 200 kilometer.

"Tadi sudah disepakati pembangunan untuk 10 tahun ke depan secara masif, seperti yang kita bicarakan pada bulan lalu," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Pembangunan transportasi tersebut mencakup Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit.

"Jangkauannya harus maksimal diperkirakan 200 kilometer sampai tahun 2029," kata Anies.

Sementara itu, mengenai tarif MRT yang rencananya sebesar Rp8.500, Anies akan umumkan tersendiri secara lengkap.

Sebelumnya, Gubernur mengatakan bahwa Jakarta siap untuk menjadi pengendali kebijakan dan pelaksana seluruh moda transportasi di ibu kota.

"Mengatur transportasi itu harus sama yang mengatur tata ruang," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (28/1/2019).

Hal tersebut terkait hasil rapat koordinasi tentang rencana integrasi sistem transportasi antarmoda se-Jabodetabek dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Anies mengatakan Pemprov bisa melakukan pengendali kebijakan dan pelaksana seluruh moda transportasi bersama dengan pengaturan tata ruang.

 

Jalur Harus Diperpanjang

 

Terpisah  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan jalur moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) harus diperpanjang minimal 200 kilometer, sehingga transportasi umum di DKI Jakarta dapat tepat guna.

"Ya karena semuanya sudah baik, tinggal kita memutuskan untuk harus lebih panjang lagi dan semua setuju minimal harus 200 kilometer dalam satu tahun," kata Wapres JK usai mencoba MRT rute Bundaran HI-Lebak Bulus di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Proyek pembangunan MRT di DKI Jakarta rencananya akan dilakukan dalam tiga tahap. 

Fase pertama, yakni rute Bundaran HI - Lebak Bulus, dibangun sepanjang 15,7 Kilometer dengan 13 stasiun.

Sementara itu, fase kedua akan dibangun sepanjang 8,1 km untuk rute Bundaran HI - Kampung Bandan dan fase ketiga sepanjang 87 km untuk jurusan Balaraja - Cikarang.

"Kita apresiasi bahwa ini bisa dibangun pada sekarang ini. Tapi jangan lupa, ini baru 16 kilometer, kita butuh minimal 200 kilometer, baru semua warga Jakarta dapat terjamin sistem transportasinya," kata JK.

Sebelum menguji coba, Wapres meninjau perkembangan pembangunan Stasiun MRT Pintu Bundaran HI.

Wapres JK, yang turut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berangkat menaiki gerbong MRT dari Stasiun Bundaran HI pukul 10.34 WIB melalui Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora dan terakhir di Lebak Bulus.

Usai meninjau di stasiun akhir Lebak Bulus, Wapres JK bersama rombongan kembali lagi menggunakan MRT menuju Stasiun Bundaran HI. Perjalanan MRT yang ditempuh Wapres memakan waktu sekitar 30 menit sekali jalan, tanpa berhenti di setiap stasiun. 


#Tarif #MRT

Komentar Anda
Komentar