Hello,

Reader

MRT Lebak Bulus-Bundaran HI Beroperasi Maret
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
MRT Lebak Bulus-Bundaran HI Beroperasi Maret

Jakarta, HanTer - Sekitar satu bulan lagi moda transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI akan beroperasi. Namun, Pemprov DKI memprediksi perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum sebanyak 75 persen terjadi pada 2030.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, operasional MRT Lebak Bulus-Bundaran HI pada Maret mendatang merupakan tahap awal pengintegrasian antar moda transportasi di Ibu kota. Dia pun menargetkan bahwa perpindahan kendaraan pribadi ke angkutan umum sekitar 75 persen baru terjadi pada 2030.

Sebab, kata Anies, MRT idealnya membutuhkan jarak 200 kilometer yang akan terus dibangun hingga 2030 melanjutkan Fase I MRT saat ini yang baru berjarak sekitar 16 kilometer. Bukan hanya MRT, kata dia, Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI sudah sepakat untuk membangun secara masif moda transportasi massal lainnya di Jakarta, seperti Light Rail Transit (LRT) ataupun pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) yang menjangkau secara maksimum.

"Saat ini 75 persen kendaraan pribadi, 25 persen kendaraan umum. Pada 2030 kalau seluruh moda transportasi di Ibukota bisa di integrasikan, akan terbalik 75 persen umum 25 persen gunakan kendaraan pribadi," kata Anies di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Anies menjelaskan, sesuai pesan Wakil Presiden Jusuf Kalla bahwa integrasi moda transportasi harus nyaman, aman kemudian tepat waktu dan terjangkau secara harga, secara geografis darimana kemana saja tanpa kemacetan. Dia berharap semua moda transportasi yang ada di Ibukota bisa terintegrasi seperti yang dikelola DKI.

Transportasi yang dikelola DKI saat ini adalah Bus Rapid Transit (BRT) dan Non BRT. Keduanya sudah terintegrasi baik fisik, tiketing hingga rute perjalanan. Upaya melayani masyarakat dari rumah untuk dapat mudah menggunaan angkutan umum pun sudah berjalan melalui program Jak Lingko.

"Selain mengintegrasikan stasiun MRT dan halte bus TransJakarta. Kami juga menyiapkan Park and ride. Sekarang dibangun disisi selatan sekitar lebak bulus, Ragunan, Fatmawati dan sebagainya. Warga yang mau ke Sudirman Thamrin tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi, tapi pakai MRT saja," pungkasnya.  


#MRT #AniesBaswedan

Komentar Anda
Komentar