Hello,

Reader

Usai Debat Keempat Popularitas Prabowo Naik
Prabowo Subianto
Usai Debat Keempat Popularitas Prabowo Naik

Jakarta, HanTer - Debat Pilpres keempat Capres pada Sabtu (30/3/2019) malam berlangsung seru. Penampilan Prabowo Subianto pada debat yang mengangkat tema bidang ideologi, pertahanan dan keamanan, pemerintahan, serta hubungan internasional itu dinilai lebih kuat dibanding gelaran debat Pilpres sebelumnya. Berbagai kalangan menilai, dampak popularitas Prabowo kian melejit.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) memuji penampilan Prabowo dalam debat capres keempat. BPN menyebut Prabowo memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. "Terlihat sekali kualitas komunikasi beliau," ujar Direktur Materi dan Debat BPN Sudirman Said di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Makin Naik

Pengamat media sosial dari Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi), M samsul Arifin, mengatakan, kepercayaan publik terhadap sebuah konten media sosial tergantung siapa yang menyampaikan.

Ia menerangkan, ketika Prabowo mengatakan saya jamin keutuhan NKRI dan Pancasila, maka publik yakin karena rekam jejak Prabowo yang memang pernah mempertaruhkan nyawanya untuk itu. Apalagi Prabowo begitu menjiwai saat memyampaikannya.

"Prabowo tampak menguasai materi debat kemarin malam. Misalnya mengenai ideologi, Prabowo meyakinkan bahwa ia mampu memimpin Indonesia yang mejemuk. Prabowo menjelaskan latar belakang keluarganya yang berbeda-beda agama. Ia orang Banyumas sekaligus Minahasa. Mengenai keberagaman, Prabowo sudah mempraktikkan sejak lahir. Sehingga pernyataan Prabowo bahwa ia akan pertahankan kedaulatan NKRI dan Pancasila dengan seluruh kekuatan semakin meningkatkan kepercayaan publik kepadanya," ujar M Samsul Arifin di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Prabowo sejak usia 18 tahun juga sudah bersumpah setia pada pancasila dan NKRI. Bahkan, Capres nomor urut 02 tersebut ikut mempertaruhkan nyawa untuk NKRI.

Terhadap hal tersebut, warganet mengapresiasi pernyataan Prabowo dalam bentuk tagar #PrabowoBentengNKRI yang pada pukul 23.00WIB, setengah jam setelah debat Pilpres keempat berada di tangga teratas. Tagar itu menjadi trending topik sekitar 114.000 kicauan per-jam tersebut.

Tagar #DebatPilpres2019 menjadi trending nomor dua dengan sekitar 58.900 twit. Ada juga tagar #Pancasila yang menjadi salah satu tema dalam debat yaitu ideologi negara, menjadi trending di twitter.

Adapun berdasarkan hasil penelusuran Komunikonten di Google Trends periode 30 Maret 2019 untuk 4 jam terakhir, yang dilihat sekitar pukul 23.00WIB, Prabowo Subianto lebih populer dibanding Joko Widodo. Popularitas Prabowo memuncak pada pukul 20.44WIB.

Hal senada juga tampak pada hasil penelusuran di media sosial periode 30 Maret 2019, yaitu Prabowo lebih banyak dibicarakan dibanding Jokowi. Setidaknya 1088 kali warganet menyebut Prabowo Subianto, sedangkan Joko Widodo disebut 815 kali.

Scor 10-0

Sementara itu, Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso merasa gembira karena Prabowo menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin kelas dunia. “Prabowo menang telak dari Jokowi terkait tema yang diusung malam ini. Saya boleh katakan 10-0 untuk kali ini," ujar dia.

Terpisah, Sekretaris TKN Jokowi - Maruf Amin, Hasto Kristiyanto menilai debat keempat Capres dimenangkan oleh Capres 01 Jokowi dengan skor 5-0.

Dia mengatakan, Jokowi unggul dari Prabowo karena mampu menjawab semua pertanyaan dengan tema ideologi, pertahanan dan Keamanan, Pemerintah serta hubungan internasional.

"Ya kalau kita melihat bukan bermaksud menyombongkan diri, tapi dalam seluruh segmen itu pak Jokowi unggul atas pak Prabowo, kecuali penyampaian visi misi kalau itu kita anggap seimbang maka score bagi pak Jokowi adalah 5-0 menang pak Jokowi," kata Hasto di Studio For Jokowi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019) malam.


#DebatCapres #Prabowo

Komentar Anda
Komentar