Hello,

Reader

Prabowo Umumkan 80 Calon Menteri
Prabowo Umumkan 80 Calon Menteri

Jakarta, HanTer - Sekretaris Direktorat Hukum dan Advokasi BPN Prabowo-Sandi, Habiburokhman, menyebutkan, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan segera mengumumkan 80 orang calon menteri yang akan diposisikan di kabinetnya jika terpilih menjadi Presiden di Pilpres 2019.

"Sebetulnya belum fix, tapi kemarin ada wacana Prabowo akan mengumumkan 80 orang putra putri terbaik bangsa yang menjadi tim beliau dalam berbagai bidang," ujarnya di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Sejumlah nama itu, kata dia, tak semua menjadi calon menteri karena Prabowo tak pernah membicarakan nama-nama yang akan menduduki jabatan tertentu.

Namun, sejumlah nama itu tak menutup kemungkinan akan diangkat menjadi menteri. "Akan disampaikan. Kalau enggak di Malang atau di Solo, disampaikan ke publik," kata Ketua DPP Partai Gerindra ini.

Terkait apa pertimbangan Prabowo memilih 80 orang itu, Habiburokhman mengaku tak tahu. Ia juga tidak mengetahui apakah sejumlah nama itu murni dari Prabowo atau ada tim khusus yang menentukan. "Kita enggak ngerti, Pak Prabowo itu yang punya wacana," ujarnya.

Pasca Pencoblosan

Pengamat Politik Karel Susetyo, menilai, waktu yang paling tepat untuk pasangan calon mengumumkan jajaran menterinya adalah setelah hari H waktu pencoblosan. Menurut dia, setelah diketahui siapa pemenang Pilpres, barulah mengumumkan siapa saja yang kira-kira akan menduduki kursi pemerintahan.

"Lebih baik menurut saya setelah hari H, pemenangnya siapa, diumumkan, diumumkan dalam rangka uji publik menurut saya bukan sebagai kabinet resmi," ujarnya di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Ia melihat, sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidential, sehingga cocoknya mengumumkan susunan setelah hari H pencoblosan.

"Kalau susunan kabinet segala macam itu cocoknya sistem parlementer. Jadi, kalau seperti Inggris kan sebelum Pemilu, mereka kan sudah menyebutkan nama-nama katakanlah, nama menterinya saja. Kalau kita tidak kan sistem begitu," terangnya.


#Pilpres #prabowo #menteri #ahy

Komentar Anda
Komentar