Hello,

Reader

Pemilu 2019 Libatkan ODGJ Hingga Destinasi Wisata Gratis
Ilustrasi
Pemilu 2019 Libatkan ODGJ Hingga Destinasi Wisata Gratis

Jakarta, HanTer - Ada yang berbeda dengan pemilu kali ini. Selain melibatkan hak suara orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pemerintah juga memberikan fasilitas gratis di beberapa wilayah memiliki hak yang sama untuk memberikan suaranya dalam pemilihan umum.

Adapun seluruh penghuni panti di bawah naungan dinas sosial, salah satunya di Panti Sosial Bina Laras 2, Cipayung, Jakarta Timur. "Mereka sudah diarahkan, sudah dilakukan sosialisasi dua kali sekarang mereka tinggal melaksanakan aja. Total keseluruhan di dua tempat ini (Bina Laras Harapan Sentosa 2 dan Budi Murni) 1.155 warga binaan sosial yang akan menunaikan hak memilih," jelas Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Secara umum, tak ada kesulitan yang berarti dalam membantu teman-teman ODGJ menjalankan hak mereka. Hanya memang, semua bantuan pengarahan disesuai dengan kebutuhan mereka. "Asal mereka disuruh ya mereka ikut, itulah namanya disabilitas mental, kita sudah ada kebijakan ya kita laksanakan," ujarnya.

Wisata Gratis

Disisi lain, banyak tempat wisata di Jakarta yang menggratiskan tiket masuk dalam rangka pemilu.

Gubernur Anies juga mengatakan, pada momen Pemilu 2019 ini seluruh tempat hiburan yang dikelola Pemprov DKI Jakarta akan mulai buka pada pukul 13.00WIB dengan dilengkapi potongan harga tiket masuk, bahkan gratis, seperti masuk Taman Margasatwa Ragunan dan Museum di Jakarta. Sehingga, hal tersebut dapat dimanfaatkan warga usai pencoblosan.

"Semua tempat hiburan yang dikelola Pemprov baru buka jam 1. Tujuannya, agar para petugasnya dapat menggunakan hak pilihnya. Dan bagi masyarakat yang selesai nyoblos, itu ada kegiatan di siang hari. Kita berikan diskon untuk masuk ke tempat-tempat hiburan," tandasnya.


#Pemilu2019 #Pilpres2019

Komentar Anda
Komentar