Hello,

Reader

Komisi V DPR Soroti Bandara Kertajati
Bandara Kertajati
Komisi V DPR Soroti Bandara Kertajati

Jakarta, HanTer - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menyoroti kinerja Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, yang hingga saat ini masih sepi.

Fary di Jakarta, Jumat, (10/5/2019) mengatakan sampai saat ini banyak maskapai belum memindahkan jalur penerbangannya dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.

Ia menjabarkan, berdasarkan penjelasan Kementerian Perhubungan, ternyata di Kertajati masih belum ada komponen kebandaraan yang belum standar.

"Kalau memang belum standar, kenapa secepatnya diresmikan," kata politisi Gerindra tersebut.

Ia juga mengingatkan bahwa sampai sekarang hanya ada satu penerbangan yakni maskapai Citilink tujuan Surabaya.

Komisi V DPR RI juga akan mempertanyakan langsung kepada maskapai penerbangan soal tidak memindahkan rute penerbangannya.

Pemerintah memutuskan pemindahan penerbangan rute luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka dimulai pada 15 Juni 2019.

"Untuk penerbangan yang biasa di Husein, mulai 15 Juni dialihkan ke Kertajati," kata Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum ketika ditemui di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat.

Uu menyebutkan bahwa pemindahan akan dilakukan secara bertahap dimulai dengan memindahkan penerbangan rute luar Jawa. Dari total 19 penerbangan domestik, 12 di antaranya akan dipindah ke Kertajati.

Kendati demikian, penerbangan rute internasional masih akan dilayani di Bandara Husein.

Dengan pemindahan itu, Uu mengatakan Bandara Kertajati akan berfungsi maksimal sebagaimana layaknya bandar udara seperti yang direncanakan sejak awal.

"Ini anugerah bagi kami, khususnya Jawa Barat karena sesuai dengan visi kami untuk membangun segitiga emas atau rebana sudah dimulai. Rebana ini perkembangan daerah khususnya Cirebon, Indramayu dan Majalengka," pungkasnya.
 


#BandaraKertajati

Komentar Anda
Komentar