Hello,

Reader

TAJUK: Artis Jadi Wakil Rakyat Mampukah?
TAJUK: Artis Jadi Wakil Rakyat Mampukah?

Hingga saat ini ada puluhan artis berpeluang jadi wakil rakyat di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta. Termasuk di antaranya para pesohor yang sudah dikenal dalam industri hiburan Tanah Air.

Informasi yang beredar, artis yang berpeluang jadi wakil rakyat, Ahmad Dhani (Partai Gerindra), Dede Yusuf (Partai Demokrat), Dessy Ratnasari (PAN), daerah pemilihan Jawa Barat 4. Meutya Hafid (Partai Golkar), Venna Melinda (Partai Nasdem), Guruh Soekarno Putra (PDI Perjuangan), Krisdayanti (PDI Perjuangan), Mulan Jameela (Partai Gerindra), Olla (amlan (Partai Nasdem), Primus Yustisio (PAN), Rachel Maryam (Partai Gerindra), Rieke Diah Pitaloka (PDI Perjuangan).

Di ranah publik sering muncul pertanyaan, bisa apa para artis itu jika sudah duduk di Senayan? Pertanyaan ini bisa jadi karena sejumlah artis yang duduk di DPR tidak terlihat membela rakyat (konstituen). Kinerja mereka disoroti karena saat rakyat membutuhkan bantuan, mereka tidak terlihat melakukan pembelaan. Namun, kerja anggota parlemen itu sifatnya kolektif kolegial, bukan individu. Semuanya ditanggung renteng bersama-sama. 

Di sisi lain ada pula yang menyebutkan untuk tidak meragukan kemampuan para artis yang terpilih menjadi wakil rakyat. Politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya, optimis akan kemampuan para artis jika terpilih jadi anggota DPR dan keberipihakan para artis terhadap konstituen mereka.

Tercatat setidaknya 74 orang dari kalangan artis mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai DPRD maupun DPR RI. Jumlah ini meningkat dibanding pemilu tahun 2014 yang mengajukan 60 artis dari 9 partai.

Bagi politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, majunya para artis membuat DPR RI dapat diubah namanya menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Infotainment.

Dan juga terdapat banyak kritik yang pada umumnya menyangsikan kemampuan para artis jika terpilih menjadi anggota legislatif.

Tantowi Yahya, mengajak pihak yang mengkritik para artis untuk memiliki penilaian yang jernih atas keikutsertaan para artis dalam kontestasi politik. Tantowi yang pernah menjadi artis sebelum terjun ke dunia politik untuk mengajak masyarakat menilai para artis kandidat legislatif dengan berimbang.

Menurut Tantowi, memang ada beberapa teman artis yang tidak perform dalam konteks ekspektasi para pengamat tersebut. Tapi mereka sangat dekat dengan rakyat yang diwakilinya. Mereka rajin hadir di setiap reses, mendengarkan aspirasi dan memperjuangkannya melalui fraksi masing-masing di DPR. Buktinya rata-rata mereka terpilih kembali di Pemilu berikutnya. Artinya rakyat yang mereka wakili puas dengan kinerja mereka.

Kita sepakat, masuknya selebriti ke dunia politik tidak harus selalu dikaitkan dengan konteks negatif. Ada beberapa artis yang memiliki pencapaian positif saat masuk partai politik.

Tentu saja diharapkan artis yang menjadi caleg harus meninggalkan hidup glamour, kemewahan, dan harus rela melepaskan citra sebagai artis untuk terjun jadi wakil rakyat. 

Publik berharap para artis yang terpilih menjadi wakil rakyat hendaknya menjadi politisi yang tangguh dan legislator yang baik. Itulah sebabnya seorang selebriti harus bisa dan mau lahir dengan identitas baru. Di sinilah, proses pengkaderan harus dimaksimalkan oleh partai politik. 

Harapan kita ke depannya semua artis yang terpilih menjadi wakil rakyat harus antikorupsi atau menolak menerima suap. Bekerjalah sungguh-sungguh agar bisa menjadi benar-benar wakil rakyat. Dengarkan aspirasi dan jeritan rakyat.

Tugas sebagai wakil rakyat jika terpilih nanti memang benar harus membawa aspirasi masyarakat. Untuk itu seorang calon wakil rakyat memang harus memiliki daya juang yang tangguh serta mampu bersuara sebagai seorang legislator ketika sedang membahas peraturan perundang-undangan, penganggaran dan pengawasan sehingga dapat mempengaruhi sebuah kebijakan yang berdaya guna bagi kepentingan publik.

Rakyat membutuhkan hadirnya wakil rakyat yang benar-benar terhormat, jujur, dan berintegritas.  Sebagai pejabat yang dipilih rakyat, seorang anggota DPR  harus mengutamakan kepentingan warga ketimbang kepentingan pribadi.


#Artis #caleg #dpr

Komentar Anda
Komentar