Hello,

Reader

Air Bersih Mencukupi Keperluan Sanitasi Memadai
Pengungsi korban kebakaran Kampung Bandan
Air Bersih Mencukupi Keperluan Sanitasi Memadai

Jakarta, HanTer -- Warga korban kebakaran di Kampung Bandan RW05, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, kini tidak lagi kesulitan air bersih dan keperluan untuk sanitasi. Pasalnya, saat ini sudah tersedia dua unit truk air bersih masing-masing berkapasitas empat ribu liter, dua unit mobil toilet kontainer dan lima toilet portabel yang dilengkapi dengan dua unit mobil sedot tinja setiap harinya.

"Perlengkapan sanitasi lengkap. Kita sediakan bagi korban terdampak di sana," Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Slamet Riyadi, saat dikonfirmasi, Senin (13/5/2019).

Untuk menjaga kebersihan di sekitar lokasi pengungsian, pihaknya juga menugaskan sejumlah petugas kebersihan yang diharapkan dapat menjaga kebersihan di sekitar lokasi pengungsian.

"Bak sampah besar juga kami sediakan. Sampah akan diangkut menggunakan truk besar setiap hari," tuturnya.

Layanan Kependudukan

Pemkot Jakut juga menyediakan layanan kependudukan bagi warga yang kehilangan berkas penting akibat kebakaran di lokasi pengungsian.

"Mobil pelayanan dihadirkan di lokasi pengungsian untuk mendata dan mencetak berbagai data berkas kependudukan milik warga yang hangus terbakar," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara Erik Polim Sinurat di Jakarta, Senin.

Erik menyebutkan ada enam jenis berkas yang dilayani di gerai kependudukan di lokasi tersebut, yakni kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk elektonik (KTP-el), kartu identitas anak (KIA), akta kelahiran, akta perkawinan, dan surat keterangan domisili sementara (SKDS).

“Yang penting warga datang untuk mendaftar. Jadi, kami tahu apa yang dibutuhkan warga,” jelasnya.

Bisa Sekolah

Dua kakak beradik pelajar sekolah dasar (SD) yang menjadi korban kebakaran Kampung Bandan RW05, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin ini langsung bisa kembali ke bersekolah.

Dua kakak-beradik pelajar SD itu duduk di Kelas 2 dan Kelas 4 di SDN Pademangan Barat 01, Pademangan, Jakarta Utara.

"Hari ini langsung (bersekolah). Kemarin kita dapat arahan dari Kasudin Pendidikan Jakarta Utara 1, supaya anak-anak tetap sekolah, jadi kami hubungi orang tuanya supaya anak-anaknya tetap sekolah," kata Kepala Sekolah SDN Pademangan Barat 01, Suparti, di lokasi pengungsian korban kebakaran Kampung Bandan, Senin, seperti dilansir Antara.

Suparti mengatakan pada awalnya kedua siswanya, sempat tidak mau bersekolah karena tidak punya seragam karena hampir semua harta benda mereka ludes dilalap si jago merah.

"Di sekolah juga anaknya belum pakai seragam, jadi kami berikan baju seragam. Tadinya anak itu tidak mau sekolah karena tidak punya baju seragam, jadi langsung kami berikan baju seragam lengkap dengan alat tulis buku dan sebagainya termasuk tasnya juga," tutur Suparti.


#kampungBandan

Komentar Anda
Komentar