Hello,

Reader

Amien Rais, RHS, dan UBN Dilaporkan ke Polisi 
Amien Rais, Habib Rizieq Shihab, Ustaz Bachtiar Nasir
Amien Rais, RHS, dan UBN Dilaporkan ke Polisi 

Jakarta, HanTer--Politikus PDI-P, Dewi Tanjung, melaporkan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Naisonal (PAN) Amien Rais, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (RHS), dan ustaz Bachtiar Nasir (UBN) ke Polda Metro Jaya, Selasa (14/5/2019). 

Sebelumnya, Dewi melaporkan Eggi Sudjana yang kini menjadi tersangka kasus dugaan makar. "Hari ini saya bersama tim lawyer saya melaporkan Amien Rais dan kawan-kawan. Di dalam ini ada Habib Rizieq dan Bachtiar Nasir," ujar Dewi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa malam.

Menanggapi laporan ini, pengamat sosial politik dari Lembaga Kajian dan Analisa Sosial (LeKAS) Karnali Faisal mengatakan, dalam kasus dugaan makar seperti dituduhkan kepada sejumlah tokoh seperti Amien Rais, HRS, dan Ustad Bachtiar Nasir, seharusnya kepolisian melakukan upaya-upaya persuasif mengedepankan dialog dengan para tokoh yang diduga akan melakukan tindakan makar tersebut.

Karnali menuturkan, salah satu poin penting reformasi adalah meninggalkan cara pendekatan keamanan (security approach) terhadap kasus-kasus yang bisa diselesaikan secara persuasif. Jika semua indikasi seperti ditudingkan kepada para tokoh tersebut diselesaikan melalui pendekatan keamanan dan kemudian berakhir dengan mentersangkakan maka dikhawatirkan potensi konflik di akar rumput akan meningkat.

"Di sisi lain, persepsi publik terhadap rezim penguasa yang dinilainya tindakan ketakutan akan muncul manakala pendekatan-pendekatan yang dilakukan hanya mengedepankan tindakan kepolisian. Akan berbeda jika tindakan persuasif yang dilakukan. Itu menjadi jauh lebih elegan," ujar Karnali Faisal kepada Harian Terbit, Kamis (16/5/2019).

Sementara itu, Ketua Badan Relawan Nusantara (BRN) Edysa Girsang meminta agar pemerintah tidak mudah menggunakan istilah makar pada mereka yang dianggap lawan politik. Karena saat ini sejumlah lawan politik telah masuk penjara menyusul statusnya sebagai tersangka kepada sejumlah tokoh nasional. Bahkan saat ini Amien Rais, Rizieq Shihab, dan Bachtiar Nasir juga telah dilaporkan ke polisi terkait dugaan mereka.

"Jangan mudah menggunakan istilah makar pada mereka yang dianggap lawan politik. Apakah mereka punya angkatan bersenjata? Kok dikit - dikit makar? Memang negara sudah benar urus negara ini," ujar Eki, panggilan akrab Edysa Girsang.


#AmienRais #HabibRizieqShihab #UBN

Komentar Anda
Komentar