Hello,

Reader

 Ini Dia Selebritis Gagal ke Senayan
Caleg Artis
Ini Dia Selebritis Gagal ke Senayan

Jakarta, HanTer -- Artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan maju sebagai calon wakil rakyat di DPR RI pada Pemilu 2019, ada yang berhasil, ada yang gagal.

Mereka yang diprediksi lolos adalah Dede Yusuf dari Demokrat (Jawa Barat), Rachel Maryam (Gerindra), Rieke Diah Pitaloka (PDI-P), pelawak Nurul Qomar diprediksi. Kemudian Krisdayanti yang maju melalui PDI Perjuangan, dan Arzeti Bilbina yang maju lewat PKB.

Praktis, dari sekitar 19 artis yang maju dari dapil Jatim, hanya dua nama yang berkesempatan untuk menjadi anggota DPR RI dan bekerja menjalankan amanah yang diberikan oleh rakyat.



Berikut ini adalah deretan nama-nama artis yang gagal menjadi wakil rakyat. Ahmad Dhani (Partai Gerindra) Sundari Soekotjo (PKB), Andre Hehanusa (PDIP), Manohara Odelia (NasDem) raihan 6.865 suara, Banyu Biru Djarot (putra aktor film Eros Djarot), Lucky Perdana dan Yuli Anita KDI, Emilia Contessa, Ferlyanto Putra, Imelda Soraya, Venna Melinda asal Partai NasDem, Ronnie Sianturi asal PDIP.

Kemudian penyanyi Denada, Ratna Listy asal NasDem, Thessa Kaunang asal Partai NasDem, Sari Koeswoyo, dan Elma Theana caleg asal Partai NasDem.

Selain Elma Theana, caleg-caleg artis yang bertarung di dapil Jatim lainnya nyaris gagal, kecuali dua nama, yaitu penyanyi terkenal Krisdayanti dan model senior Arzeti Bilbina. Data-data adalah perkiraan berdasar data suara dan sesuai rekapitulasi yang diambil dari form DC-1 KPU Jatim setelah pleno penetapan, dan nama caleg terpilih secara definitif ditetapkan KPU setelah penetapan nasional 22 Mei 2019.

Faktor Kegagalan

Belum berhasilnya nama-nama artis menjadi anggota parlemen menurut Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono karena disebabkan beberapa faktor.

Ia mencatat pengaruh bedanya nama artis dan nama di surat suara menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat tak memilihnya. "Nama artis dan nama di surat suara berbeda sehingga pemilih bingung, meski itu penggemarnya sekalipun," ungkapnya seperti dilansir Antara.



Selain itu, faktor penentu lainnya yakni intensitas volume berkampanye kurang, yang kemungkinan karena kesibukan syuting sebagai artis, lalu berimbas pada pemilih yang tidak mengenali bahwa artis tersebut mencalonkan diri.

Faktor lainnya, kata dia, artis dicalonkan bukan di daerah asal yang membuat rakyat tidak mengenal dan artis bukan petarung elektoral yang bersedia "door to door" bertemu rakyat, berbeda dengan caleg politisi yang mengenali dengan baik cara pendekatan ke pemilih.

"Seharusnya artis dicalonkan dari daerah asal, seperti Krisdayanti yang warga asli Kota Batu dan dicalonkan melalui dapil Malang Raya, lalu sukses mendapatkan suara tertinggi," tutur eks-komisioner KPU Jatim tersebut.

Secara umum, Didik menilai suara mayoritas caleg artis yang maju melalui dapil Jatim dan gagal adalah tidak istimewa, kecuali Venna Melinda yang nyaris lolos kembali.


#ArtisCaleg

Komentar Anda
Komentar