Hello,

Reader

MRT Mampu Kurangi Penggunaan 5.600 Kendaraan Pribadi
MRT Mampu Kurangi Penggunaan 5.600 Kendaraan Pribadi

Jakarta, HanTer - Transportasi umum terbaru di ibu kota, Moda Raya Terpadu atau MRT diperkirakan  mampu mengurangi hingga 5.600 kendaraan pribadi di lalu lintas Kota Jakarta. Kasubdit Pembinaan Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir menyampaikan hal itu ketika dikonfirmasi, Selasa (18/6/2019).

"MRT mampu mengangkut 17 sampai 18 ribu orang per hari, di dalam kendaraan pribadi setidaknya ada 2 sampai 3 orang sehingga akan mengurangi jumlah sekitar 5.600 kendaraan pribadi," ujar Muhammad Nasir .

Artinya, kata Nasir, MRT mampu mengurangi kendaraan di jalan secara operasional.

"Dengan keberadaan MRT, Transjakarta dan nanti LRT tentu akan mengurangi beban jalan," ujar dia.

Sementara itu, penerapan sistem ganjil-genap di ruas jalan protokol DKI  juga cukup membantu untuk mengurai kemacetan di ibu kota.

"Ganjil-genap dan buka-tutup jalan cukup membantu secara jangka pendek, namun konsep jangka panjang harus ada solusi yang fundamental dalam membangun sistem transportasi," ujar Nasir.

Hasil survei sistem ganjil-genap oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Perhubungan saat penyelenggaraan Asian Games 2018 menunjukkan 24 persen pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan umum.

Dari 24 persen masyarakat yang beralih menggunakan angkutan umum tersebut, 38 persen memilih menggunakan jasa angkutan umum massal seperti Transjakarta atau bus umum dan kereta rel listrik (KRL).

Sementara, 39 persen lainnya menggunakan angkutan non-massal seperti taksi atau ojek online dan 7,5 persen menggunakan jasa taksi reguler.


#MRT #transportasi #macet #jakarta #polisi

Komentar Anda
Komentar