Hello,

Reader

Bikin Macet, Ratusan Kios Berdiri di Atas Fasilitas Umum di Jakarta Utara 
Ratusan kios yang berdiri di atas fasilitas umum atau tepatnya di jalan dua jalur Jalan Tanah Merah, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.
Bikin Macet, Ratusan Kios Berdiri di Atas Fasilitas Umum di Jakarta Utara 

Jakarta, HanTer - Saat ini ada ratusan kios yang berdiri di atas fasilitas umum atau tepatnya di jalan dua jalur Jalan Tanah Merah, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Padahal dua jalur jalan tersebut berfungsinya untuk kendaraan roda agar arus lalulintas di jalan tersebut berjalan lancar. Adanya ratusan kios yang berdiri bukan di lahan yang tepat untuk membuat sejumlah warga kesal.

"Ini sudah jadi rahasia umum ya. Sepanjang dua jalur jalan ini berdiri kios PKL," ujar Andriyanto yang kesal karena kendaraan yang melintas di daerah tersebut sering terjadi macet lantaran keberadaan bangunan kios pedagang tersebut.

Andriyanto pun mempertanyakan keberadaan ratusan kios yang terletak di Pasar Tanah Merah, Jalan Tanah Pasir RW 08, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Andriyanto mengaku awalnya, para pengguna jalan merasa senang ketika Pemprov DKI Jakarta melakukan peningkatan jalan tersebut. Tetapi, seiring rampungnya peningkatan jalan, malah berdiri kios yang informasinya dikelola oleh oknum ketua RW. 

"Masa jalannya sudah dibagusin. Malah dibangun kios. Apalagi katanya untuk mendapatkan tempat di kios harus membelinya dengan harga bervariatif dari Rp 12,5 juta hingga Rp 40 juta," kata Andri.

Dia menyayangkan sikap pemerintah setempat yang terkesan cuek. Seolah membiarkan maraknya pembangunan kios yang posisinya di atas jalan milik Pemprov DKI. "Itu kan berada di jalan umum yang kerap digunakan lalulalang kendaraan. Kalau pemerintah yang mengelola sih tidak masalah. Ini oknum yang kelola. Harusnya jadi perhatian pemerintah kota dong. Jangan dibiarkan," tandasnya.

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan mengaku prihatin dengan berdirinya ratusan kios tanpa izin di jalan dua jalur Jalan Tanah Merah, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.. Azas pun meminta untuk meminta konfirmasi kepada pejabat terkait atas berdirinya ratusan kios tersebut apakah ada permainan atau tidak 

"Loh kok bisa ada ratusan kios di sana? Coba cek ada permainan tidak pihak keluarahan atau kecamatan?," tanya Azas.

Menurut Azas, jika ratusan kios itu berdiri dengan alasan untuk perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) maka harusnya kordinasi dahulu dengan Dinas Perhubungan DKI. "Kok nafsu sekali UMKMnua bangun kios di sana ? Ada apa?. Coba cek apakah boleh jalan jadi pasar penuh kios?," tandasnya. 

Lurah Penjaringan, Jakarta Utara, Depika Romadi saat dikonfirmasi mengatakan, keberadaan ratusan kios di atas jalan dua jalur Jalan Tanah Merah, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara sudah di rapatkan di tingkat kota untuk dijadikan lokasi binaan. "Itu sudah di rapatkan di tingkat kota untuk di jadikan lokasi binaan," ujanrya. 

Depika meminta untuk mengetahui benar atau tidaknya jalan dua jalur Jalan Tanah Merah, Kelurahan Penjaringan untuk lokasi binaan bisa menanyakan kepada PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) atau Dinas Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata).

"Kalau peruntukan liatnya di PTSP atau Dinas Citata yang tahu," paparnya.


#KiosLiar #JakartaUtara

Komentar Anda
Komentar