Hello,

Reader

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Bersinergi dengan Apkasi Terkait Pengembangan Atlet
Pasca penandatanganan MoU antara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan Kemenpora
Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Bersinergi dengan Apkasi Terkait Pengembangan Atlet

Jakarta, HanTer - Salahsatu wujud sinergi antara pemerintah daerah dan pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) terkait pengembangan atlet.

Christiany Eugenia Paruntu yang merupakan Bupati Minahasa Selatan menjadi perwakilan dari Apkasi untuk penandatanganan MoU ini, sedangkan dari pihak pemerintah pusat dilakukan oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dalam acara rapat koordinasi pengembangan kemitraan keolahragaan antar lembaga pusat dan daerah bertajuk bangun pondasi untuk atlet berprestasi, beri masa depan pasti.
 
Dalam sambutannya, Raden Isnanta mengatakan jika nota kesemapahan ini terkait dengan kualitas atlet dan olahraga di daerah, di mana pembentukan Pusat Pendidikan dan latihan Pelajar (PPLP) merupakan ujung tombak di daerah yang mesti diperhatikan. "Ada kurang lebih 20 cabang olahraga di PPLP, taekwondo, silat, bahkan wushu pun kita berkelas dunia," ungkap Raden Isnanta, Rabu (26/6/2019).

"Lengkap, ini bertujuan agar supaya kita bersinergi dengan daerah di semua lini (dinas terkait-red), dan harus bergerak yang sama, karena tadi kita lihat kesepahaman dengan daerah, ini baru dengan kabupaten dulu," tambah Raden Isnanta.

Lebih lanjut, Pria kelahiran Kulon Progo itu menjelaskan betapa pentingnya regenerasi atlet senior dengan para atlet muda yang sedang dibina. Tentu tidak mungkin cabang olahraga bergantung pada keberadaan atlet senior. 

"Pondasi kita dari pembinaan usia muda, jadi kita nggak mungkin lagi bergantung kepada senior-senior yang terbaik saat ini, karena mau dipaksa sekalipun, kalau masa keemasannya sudah habis gak mungkin lagi naik menuju singgasana olimpiade maupun kejuaraan dunia," jelas Raden.

Ia juga berpesan, jika ingin mendulang atlet unggulan, jangan hanya melihat PPLP yang ada di Ibukota Provinsi saja, namun juga mesti melihat potensi kabupaten dan kota. "Jangan hanya melihat PPLP di ibukota provonsi. Tapi tengoklah kabupaten/kota yang dari ujung ke ujung itu banyak sekali potensi," pungkas Raden Isnanta.

Pada bagiannya, Bupati Christiany mengatakan jika pihaknya akan menindaklanjuti semua program yang diberikan kedaerah.

"Tentunya sinergitas ini akan ditindaklanjuti dan kami bersyukur terjalinnya kerjasama Apkasi ini dengan Kemenpora. Tentu kami para Bupati menyambut baik dari penandatanganan ini, karena kedepannya pasti ada perhatian khusus terhadap para atlet yang berada di seluruh Kabupaten Kota," ucap Bupati Christiany.

 



#Deputi #PembudayaanOlahraga #Sinergi #Apkasi

Komentar Anda
Komentar