Hello,

Reader

Lewat Jaringan Internet, UMKM Manfaatkan Media Digital untuk Marketing
Peserta Pengabdian Masyarakat/ dok
Lewat Jaringan Internet, UMKM Manfaatkan Media Digital untuk Marketing

Jakarta, HanTer - Media digital memberikan ruang seluas-luasnya bagi para pelaku usaha untuk mengenalkan dan menginformasikan produk atau jasa yang mereka ciptakan kepada khalayak ramai. Melalui jaringan internet, Usaha mengenah Kecil dan Mikro (UMKM) bisa mempromosikan produk atau jasa melalui website, iklan online, mailing list, jejaring sosial, blog, komunitas bisnis, dan lain sebagainya. Dengan jangkauan pasar yang tidak terbatas, UMKM memiliki peluang yang lebih besar untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Fakultas Komunikasi dan Bahasa  Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Program Studi Hubungan Masyarakat,  Rety Palupi pada Seminar Pemanfaatan Media Digital dalam Kegiatan Marketing UMKM untuk anak-anak didik Yayasan Nurul Aitham akhir Mei lalu di Kampus UBSI Fatmawati Jakarta.

“Anak-anak bisa mengisi waktu libur ini dengan bisa mengikuti kegiatan PM yang dapat melatih kemampuan dalam menggerakkan usaha kedepannya. Jadi jika anak didik ingin mengembangkan kualitas diri dalam sebagai  entrepreneur muda, materi yang diberikan hari itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal” tutur Rety. 

Menurut Pramelani, salah satu tutor dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut, semakin rutin UMKM  mempromosikan produk atau jasa melalui internet, maka tidak menutup kemungkinan bahwa brand image yang dimiliki segera bisa terbangun dengan kuat. “Semakin kuat brand image yang terbentuk, maka kepercayaan konsumen akan mulai terbangun dan bisa dipastikan bahwa bisnis UMKM tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya yang ada di pasaran,” jelas Lani.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh anak didik sekitar dua puluhan peserta  dari Yayasan Nurul  Aitam ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi ini diisi oleh tutor lainnya yakni Roynaldi Ariesta dan Maya May Syarah. Seminar diikuti perserta secara interaktif dengan adanya tanya jawan dan diskusi kelompok. 

Supaya lebih bermanfaat dan bermakna, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditutup dengan pemberian santunan untuk anak yatim dan duafa. 
 
 

 
 


#UMKM #Media #Digital

Komentar Anda
Komentar