Hello,

Reader

Gelar Orientasi Wartawan, PWI Jaya Rekrut Anggota Berkualitas Bukan Kuantitas
Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah (berdiri)/ dok
Gelar Orientasi Wartawan, PWI Jaya Rekrut Anggota Berkualitas Bukan Kuantitas

Jakarta, HanTer – Untuk pertama kali setelah kepemimpinan baru Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia DKI Jakarta (PWI Jaya) periode 2019-2024 yang diketuai Sayid Iskandarsyah, menggelar orientasi wartawan angkatan pertama.

Kegiatan ini bertujuan mencari para pewarta berkualitas dan memahami tugasnya sebagai seorang wartawan profesional. Tak heran, sebanyak 48  dinyatakan lolos dari total 70 peserta yang ikut orientasi wartawan tersebut. 

“Mereka yang tidak lolos hanya karena masalah administrasi. Ada 14 berkas pendaftar yang dikembalikan karena tidak terpenuhinya persyaratan yang ada, salah satunya sisi badan hukumnya bukan pers,” kata Sekretaris Umum PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo di Gedung Sasana Krida, markas PWI Jaya, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019).

Dikatakan Kesit, orientasi tersebut menjadi ajang PWI Jaya untuk merekrut anggota-anggota baru sekaligus memperbarui anggota lama yang kartu anggotaannya sudah hilang atau tidak aktif lagi.

“Intinya kami tidak mengedepankan kuantitas, tapi kualitas. Makanya dibatasi hanya 40 peserta. Sekarang 48 orang karena antusiasme terhadap pengurus baru ini begitu besar, jadi kami apresiasi,” terangnya.

Para peserta dibekali berbagai materi jurnalistik.  Diantaranya, penjelasan pedoman dasar/pedoman rumah tangga PWI, penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) UU No. 40/1999 tentang Pers Pedoman Pemberitaan Media Siber, Penulisan Berita dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak pada karya jurnalistik. 

Sedangkan, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah mengatakan orientasi ini digelar dalam rangka mewujudkan insan pers yang profesional dan bermartabat.

“Demi meningkatkan gagasan kualitas wartawan profesional, saya berharap dalam acara ini dapat menjadi pelajaran ilmu bagi kita semua. Jadi tidak ada lagi wartawan tak mengerti kode etik jurnalistik,” katanya didampingi Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya Tb Adhi.

Sementara, Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan mengatakan selama ini pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran pada media mainstream setiap harinya. “Memahami dan mempelajari rambu-rambu hukum bagi para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik sangat penting,” katanya.


#PWI #Jaya #Orientasi #Berkualitas

Komentar Anda
Komentar