Hello,

Reader

Soal Biodiesel B-100, Pengamat Sebut Kementan Mampu Optimalkan Segala Komoditas untuk Negara
Soal Biodiesel B-100, Pengamat Sebut Kementan Mampu Optimalkan Segala Komoditas untuk Negara

Jakarta, HanTer - Pengamat kebijakan publik dari Digipol Strategic Indonesia, Nur Fahmi BP mengatakan, potensi penghematan anggaran dengan penggunaan biodiesel B-100 dari Kementerian Pertanian (Kementan) membuktikan lembaga pemerintah itu memiliki kontribusi penting untuk negara.

"Ya jelas dong Kementan punya arti penting. Bisa memberikan andil ke perekonomian Indonesia dari berbagai cara. Itu seharusnya ditiru," ujar Nur Fahmi di Jakarta, Minggu (7/7/2019).

Nur Fahmi mengungkapkan, Kementan pada era pemerintahan Presiden Jokowi menunjukkan kemampuannya untuk mengelola berbagai potensi komoditas sehingga bermanfaat ke masyarakat dan negara.

"Presiden punya pesan dan itu bisa ditangkap secara baik oleh Kementan. Memang jika dicermati, Kementan sekaran ini punya visi cemerlang yang mampu mengikuti arahan Presiden," ucapnya.

Nur Fahmi menuturkan, biodiesel B-100 karya Litbang Kementan akan menambah berbagai pilihan untuk masa depan bahan bakar minyak Indonesia. Sehingga, kata Nur Fahmi, Kementan juga turut membantu pemanfaatan sektor energi lain yang dapat dioptimalkan sebagai bahan bakar minyak.

"Tidak melulu dari minyak bumi kan. Ternyata sektor pertanian juga berpotensi berkontribusi untuk energi. Ditambah lagi keuntungan ekonomi. Jadi banyak aspek positif diperoleh," ungkap Nur Fahmi.

Guna diketahui, hasil uji coba penggunaan biodiesel B-100 oleh Kementan mampu mencapai jarak 13,1 kilometer per liter. Jarak tempuh itu  lebih jauh dibandingkan solar yaitu 9 kilometer per liter. Selain itu Kementan mengklaim, penggunaan biodiedel B-100 dapat menghemat devisa negara mencapai Rp 26 triliun sehingga berpengaruh ke peningkatan kesejahteraan petani sawit. Biodiesel B-100 juga mampu mengurangi pencemaran lingkungan karena rendah polusi dan berbahan baku kelapa sawit 100 persen.


#Kementan #biodiesel

Komentar Anda
Komentar