Hello,

Reader

Pemilihan Wagub DKI Terus Molor, Warga Dirugikan
Balaikota DKI Jakarta
Pemilihan Wagub DKI Terus Molor, Warga Dirugikan

Jakarta, HanTer – Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD DKI Jakarta untuk membahas tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur DKI kembali diundur untuk ketiga kalinya. Rapat yang sedianya berlangsung Selasa (16/7/2019) itu ditunda lantaran anggota rapat hanya sedikit yang hadir. Berbagai kalangan menyayangkan proses molornya pemilihan Wagub DKI. 

Terhitung, sudah 11 bulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bekerja tanpa didampingi seorang wakil gubernur. Hingga kini, anggota dewan Kebon Sirih belum juga memproses pemilihan untuk Wagub DKI.

Menanggapi hal itu, analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, menilai bahwa, wakil rakyat di DPRD DKI tidak sensitif.

"Sudah nyata merugikan rakyat Jakarta, saya tidak habis pikir untuk apa? Kok mereka selalu melakukan penguluran? Rakyat Jakarta sudah rugi. Bentar lagi sudah satu tahun tak punya wagub," kata Pangi di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Pangi meminta agar para anggota legislatif itu tidak mementingkan kepentingan sendiri maupun kelompoknya. Namun, lebih memprioritaskan kebutuhan warga DKI.

"Apakah DPRD di DKI Jakarta tidak lebih mementingkan kepentingan yang jauh lebih besar yaitu kepentingan rakyat dibandingkan hanya kepentingan kekuasaan," tambahnya.

Ia menjelaskan, kasihan rakyat Jakarta dan banyak urusan serta pelayanan masyarakat yang terbengkalai akibat belum adanya wagub DKI.

Sebelumnya diberitakan, DPRD DKI dijadwalkan menggelar rapat untuk pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta. Pansus yang telah ditunjuk, akan membentuk panitia pemilihan (panlih).

Rapimgab itu hanya dihadiri lima fraksi yakni Fraksi PDI-P, Gerindra, PKS, Nasdem dan Hanura, Sedangkan pimpinan Fraksi Demokrat, PAN, PPP, Golkar dan PKB tidak hadir.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ongen Sangaji, mengatakan, sedikitnya peserta rapat yang hadir kali ini karena jadwal dibuat secara dadakan sehingga para pimpinan fraksi banyak yang sedang melakukan kegiatan lain.

"Tertundanya acara Rapimgab kali ini sekali lagi karena sekretaris dewan kurang cakap dalam mengatur jadwal sehingga hari ini sepertinya tidak dapat dilaksanakan," kata Ongen di DPRD DKI, Selasa (16/7/2019).


#Wakilgubernur #pemprovDKI #Aniesbaswedan #dprddki

Komentar Anda
Komentar