Hello,

Reader

Harga Cabai Masih Mahal Akibat Stok Kurang dan Kemarau
Ilustrasi (ist)
Harga Cabai Masih Mahal Akibat Stok Kurang dan Kemarau

Tingginya harga cabai masih mendominasi dibanding sayur mayur dan hortikultura lainnya yang ada di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa, kenaikan harga terjadi pada beberapa jenis tanaman super pedas itu.

Harga ditingkat agen pengecer cabe rawit merah dijual Rp68 ribu per kilogram, sedangkan cabe merah keriting Rp68 ribu kilo gram. Harga ini jika dibawa ke tingkat pasar becek atau tradisional akan meningkat sekitar dua persen dari harga di pasar induk.

Menurut Arya (58) harga ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari kemarin yakni Rp60 ribu untuk cabe rawit merah, dan Rp55 ribu untuk cabe merah keriting.

"Hari ini naik, yang merah keriting 60 ribu, yang rawit merah 68 ribu," kata Arya, seperti dilansir Antara.

Menurut Arya, cabai yang dijualnya berasal dari Malang, Jawa Timur mengalami kenaikan karena stoknya yang kurang.

Dan menurut dia lagi, tahun ini harga cabai lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu cabai tertinggi mencapai Rp50 ribuan lebih.

Sementara masih di pasar yang sama, tapi di tingkat pedagang eceran di luar agen pengecer harga cabe merah keriting mencapai Rp70 ribu per kg, dan cabe rawit merah Rp 75 ribu.

Selain cabai, harga buncis juga mengalami kenaikan signifikan dari Rp7 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram.

Menurut pedagang, buncis yang dipasok dari pertanian di Sukabumi, Jawa Barat itu mengalami kenaikan selama satu bulan terakhir ini. Kondisi ini disebabkan oleh pasokan di tingkat petani yang dipengaruhi oleh musim kemarau.

Sedangkan harga tomat dan wortel mengalami penurunan. Tomat yang tadinya dijual seharga Rp14 ribu per kg, sejak lima hari terakhir turun menjadi Rp10 ribu per kg.

"Tomat produksinya melimpah, karena musim kemarau panennya bagus," kata Usmar pedagang tomat Pasar Induk Kramat Jati.

Untuk wortel yang dipasok dari Ciwide, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dijual seharga Rp12 ribu per kg.

Menurut Hendar, harga wortel tergolong stabil saat ini. Yang mengalami penurunan seledri yakni dari Rp20 ribu per kg menjadi Rp10 ribu per kg, begitu juga daun bawang dari Rp15 ribu menjadi Rp12 ribu per kg.

"Stoknya berlebih makanya turun," kata Hendar.

Sementara itu, pantauan harga di aplikasi Info Pangan Jakarta (IPJ) per tanggal 15 Juli 2019, harga cabai merah keriting Rp67.234 per kg, atau mengalami kenaikan sebesar Rp1.578 dari hari sebelumnya.

Cabai rawit merah Rp68.659 per kg, atau naik sebesar Rp1.914, cabai rawit hijau juga tinggi yakni Rp69.127 per kg, naik sebesar Rp297.

Sedangkan informasi harga melalui situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) di periode yang sama, harga cabai rawit merah yang mendominasi yakni mencapai Rp68.750 per kg atau naik sebesar 3,15 persen.


#Kemarau #cabai #hargasembako

Komentar Anda
Komentar