Hello,

Reader

Perseteruan Walikota Tangerang-Menkumham Merugikan Masyarakat
Walikota Tangerang Arief R Wismanysah
Perseteruan Walikota Tangerang-Menkumham Merugikan Masyarakat

Jakarta, HanTer - Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Bidang Perhubungan dan Infrastruktur Alvin Lie menyayangkan pertikaian antara Walikota Tangerang dengan Menteri Hukum dan HAM soal penggunaan lahan. Karena dampak dari pertikaian kedua birokrat tersebut justru merugikan masyarakat. 

Saat ini masyarakat juga telah terkena imbasnya akibat pertikaian antara Walikoota Tangerang Arief R Wismanysah dan Menkumham Yasonna Laoly. Di antaranya penghentian pelayanan publik terhadap layanan sampah, perbaikan drainase dan jalan, termasuk penerangan jalan umum (PJU) di kompleks Kehakiman maupun kompleks Pengayoman di lima kelurahan, 12 RW, serta 50 RT, Kecamatan Tangerang.

Oleh karenanya, sambung Alvin Lie, ORI akan turun tangan memediasi kedua penyelenggara negara itu. "Saat ini sudah ditangani perwakilan wilayah Banten, tapi rasanya tidak cukup. Dalam waktu dekat, akan ditangani pusat. Kami akan coba mediasi," kata Alvin dalam diskusi Ngopi Bareng Ombudsman di kantor Ombudsman, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

ORI, kata Alvin, akan sesegera mungkin mempertemukan kedua pihak agar masyarakat tidak terlampau dirugikan. Pasalnya, dikhawatirkan penghentian pelayanan publik itu akan semakin meluas ke ranah pelayanan lainnya.

"Kami khawatir bukan hanya itu saja yang dihentikan, tapi penghuni lapas. Kalau sampah tidak diangkut, kondisi lapas tidak layak bagi napi. Untuk itu kami akan prioritaskan mengundang kedua pihak, silakan bertikai tapi jangan sampai mengorbankan hak pelayanan masyarakat," paparnya.

Pertikaian tersebut juga telah berujung ke polisi. Saat ini Kemenkumham melaporkan Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R Wismansyah ke Polres Kota Tangerang. Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim membenarkan adanya laporan tersebut. Abdul Karim mengatakan ada beberapa poin yang dilaporkan oleh pihak Kemenkum HAM. Salah satunya masalah lahan Kemenkum HAM.


#Menkumham #walikota #tangerang

Komentar Anda
Komentar