Hello,

Reader

Pemprov DKI Renovasi 2 Park and Ride
Istimewa
Pemprov DKI Renovasi 2 Park and Ride

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merenovasi park and ride di dua lokasi terpisah, yakni Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Kalideres. Pembangunan keduanya diharapkan selesai tahun ini.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah merampungkan pembangunan di kawasan itu. 

"Jadi, ada dua pembangunan di dua lokasi, yaitu Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Kalideres," ucap Syafrin di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Sebelumnya diketahui, Pemprov DKI Jakarta tengah berupaya mendorong masyarakat untuk menggunakan tranportasi massal. Selain mempercantik dan memberi nyaman penumpang transjakarta, Pemprov DKI juga merenovasi Park and Ride. Hal ini dilakukan agar masyarakat mau menggunakan transportasi massal. 

Kendati tak merinci nilai pembangunan, namun Syafrin mengharapkan park and ride yang terbangun nantinya mendorong masyarakat menggunakan transportasi massal. Dengan demikian penggunaan kendaraan pribadi ke tengah Jakarta berkurang.  "Tujuannya memang demikian," ungkap Syafrin.

Saat ini di dua kawasan tersebut, Dishubtrans DKI Jakarta mencatat kapasitasnya di Terminal Kampung Rambutan hanya 80 mobil dan 120 motor. Sementara kapasitas di Terminal Kalideres adalah 100 mobil dan 300 motor.

Dari pantauan di lokasi Park And Ride di kawasan terminal kalideres kondisinya sangat memprihatinkan. Tak dilengkapi kanopi dan penutup kendaraan, membuat kendaraan yang terparkir langsung terkena sinar matahari dan hujan. 

Sementara, puluhan kendaraan roda empat dan ratusan kendaraan roda dua dapat tertampung di kawasan ini. Namun, karena minimnya informasi, Park And Ride ini jarang di ketahui masyarakat. Terlebih, lokasi park and ride berada di pojokan terminal. 

"Tidak ada yang tau mas, kita aja disini kadang kebingungan kalo mau parkir," ujar Andri (34) salah satu penumpang TransJakarta.

Andri mengaku baru mengetahui adanya park and ride setelah membaca media online saat musim mudik. Kala itu pemberitaan ramai tentang arus mudik di Kalideres, termasuk park and ride. 

Kenyamanan

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirowono Joga, menilai, park and ride harus dimaksimalkan. Selain harus memberikan kenyamanan dan keamanan, tarif yang dibebankan harus lebih murah. 

Dengan begitu, dirinya yakin masyarakat akan sedia menaruh kendaraan pribadi, sementara akses di Jakarta akan digunakan menggunakan transportasi umum. 

"Apalagi di Jakarta moda (transportasinya, red), sudah bermacam macam," katanya di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Hanya saja, untuk melakukan itu Nirwono meminta agar Pemprov DKI segera mengintegrasikan moda tersebut. Hal ini, untuk mempermudah masyarakat berpindah moda.



#transportasiumum #parkandride #kalideres #kampungrambutan #terminal

Komentar Anda
Komentar