Hello,

Reader

Sekjen Nasdem: Kami Bukan Pendukung Anies
Sekretaris Jenderal Nasdem, Johnny G Plate
Sekjen Nasdem: Kami Bukan Pendukung Anies

Jakarta, HanTer - Sekretaris Jenderal Nasdem, Johnny G Plate membantah partainya akan mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan di Pilpres 2024. Partainya hanya meminta Anies bekerja lebih hebat lagi sebagai gubernur.

"Ada yang bilang Nasdem akan usung Anies. Yang ada minta Anies kerja hebat lagi, sesuai dengan kemampuan dia, yang dinilai masih ada yang belum digunakan sepenuhnya," kata Johnny di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Ia menegaskan tak ada yang mengatakan soal dukungan Nasdem ke Anies untuk Pilpres 2024. Adapun soal pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan Anies, memang sudah lama direncanakan.

"Sekarang kebetulan bertemunya, sama. Kita juga tidak tahu ibu Mega bertemu sama Pak Prabowo, kebetulan harinya sama," jelas Johnny.

Kemudian, ia menekankan kembali pernyataan Surya Paloh bahwa Ketum Nasdem itu hanya ingin Anies meningkatkan kinerja demi kepentingan warga Jakarta.

"Kami bukan pendukung Anies. Tapi untuk kepentingan warga Jakarta kita harus dukung Anies untuk Jakarta maju jangan sampai Jakarta enggak maju," kata Johnny.

Dia menceritakan saat itu awak media pun bertanya soal peluang Anies didukung pada 2024. Lalu Surya menjawab boleh saja tapi bergantung kinerja.

"Bagus ya silahkan nanti kan, sekarang pilpres saja belum dilantik. Eggak ada ngomong gitu (Nasdem dukung Anies, red). Kalau mau ditanya bagaimana pelantikan presiden, bagus hebat. kok ngomong 2024, yang ini saja belum dilantik," kata Johnny.

Bukan Orang Asing

Partai NasDem menyampaikan Figur Anies Baswedan bukanlah orang asing bagi parpol yang dimotori Surya Paloh itu. Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, menyebut Anies memang memiliki kedekatan yang baik pula dengan Surya Paloh secara langsung.

"Dia (Anies) punya hubungan emosional yang cukup bagus dengan Pak Surya Paloh. Dalam keluarga Nasional Demokrat beliau bukan orang asing," ujar Willy di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Willy menyampaikan, Anies juga dianggap sosok yang berprestasi karena berhasil menjadi kepala daerah. NasDem memang memiliki potensi untuk mendukung Anies maju sebagai capres di Pilpres 2024. "Politik kan dinamis," ujar Willy.

Willy sekaligus mengemukakan, Anies harus senantiasa menjaga hubungan baiknya dengan NasDem sebelum benar-benar maju di Pilpres 2024. NasDem ingin melihat komitmen dan konsistensi Anies.

"Ini satu hal yang kemudian harus dijaga, bahasanya komunikasinya, silaturahmi enggak boleh putus," ujar Willy.

Membutuhkan

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saling membutuhkan. Anies, kata Pangi, membutuhkan citra baik yang bisa dibangun oleh perusahaan media milik Surya. Sedang Surya melihat potensi dalam diri Anies.

"Dia (Anies, red) punya kepentingan bagaimana memastikan dukungan media, branding dan citra Jokowi bagus hasil dari olahan citra media Surya Paloh. Anies paham ini," kata Pangi di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Sementara itu Surya Paloh, menurut Pangi, piawai dalam membaca potensi kans di masa depan. Apalagi, kata dia, kalau Anies bisa menjadi kader Partai NasDem misalnya.

"NasDem kan piawai dan mahir membaca peluang. Kita lihat saja, calon kepala daerah potensial, masuk dan bergabung ke NasDem lalu memenangkan pilkada," kata dia.

Surya Paloh ia nilai dapat melihat potensi Anies di masa depan. Maka NasDem memulai langkah mereka dari sekarang, sehingga nanti bisa mengklaim telah bekerja keras membesarkan Anies untuk menjadi calon presiden.

Pangi menganggap wajar langkah NasDem meski Pilpres 2019 baru saja selesai. Pasalnya menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center ini, dalam politik tidak ada langkah yang terlalu dini.

"Sebenarnya dalam politik enggak ada yang terlalu dini, persiapan harus jauh-jauh hari. Sama halnya Pak Jokowi sudah disiapkan dari Solo sebelum menjadi presiden," ucapnya.

Untuk diketahui, Rabu siang, 24 Juli 2019, Anies Baswedan mendatangi kantor Dewan Pimpinan Pusat NasDem dan bertemu Surya Paloh di DPP NasDem, Jalan Suroso, Gondangdia, Jakarta. Selepas pertemuan ini, dalam konferensi pers, Surya menyatakan mendukung lahir batin bila Anies mencalonkan diri di 2024 sebagai calon presiden. "Iya pasti lah. (Mendukung) lahiriyah batiniyah," ujar Surya.



#NasDem #AniesBaswedan #Capres2024

Komentar Anda
Komentar