Hello,

Reader

Universitas Negeri Medan Ikuti MTQMN 2019 di Unsyiah Banda Aceh
Universitas Negeri Medan Ikuti MTQMN 2019 di Unsyiah Banda Aceh

Banda Aceh, HanTer - Universitas Negeri Medan (Unimed) tuirut serta dalam Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) Ke-16, di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Kegiatan yang diikuti 179 kafilah perguruan tinggi negeri dan swasta dari 34 provinsi di Indonesia ini berlangsung 28 Juli sampai 4 Agustus 2019.
 
Kafilah Unimed yang dipimpin Dra Dilinar Adlin MP.d  membawa 44 peserta pada MTQMN kali ini yang terdiri dari 35 peserta lomba dan 9 anggota kafilah. 

Dilinar Adlin mengemukakan, pada MTQMN ini Unimed mengikuti Tilawatil Mujawwad, Tartil, Qira’at Saba’ah, Hifzil Qur’an 5 juz, Hifzil Qur’an 10 juz, 20 juz dan 30 juz, Khattil Qur’an dekorasi, Khattil Qur’an komtemporer, Fahmil Qu’ran, Syahril Qur’an, Debat karya tulis ilmiah, Debat kandungan Al Qur’an bahasa Arab, debat kandungan Al Qur’an bahasa Inggris, Desain aplikasi Komputer Al Qur’an, pembcaan kitab Maulid nabi.

“Kalau melihat kesungguhan dan keseriusan mahasiswa yang ikut lomba, pementasan dan kegiatan lainnya, kami optimis bisa mendulang sukses pada acara ini,” kata Dilinar kepada Harian Terbit lewat pesan WhatsApp, Selasa (30/7/2019).

MTQN dibuka Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa), Prof Dr Ismunandar Minggu (28/7/2019) malam. 

"Alhamdulillah, kita semua dapat berkumpul di Serambi Mekkah malam ini di MTQMN Ke-16. Jangan menganggap MTQ ini sebagai acara rutin belaka, tapi jadikan ini suntikan energi bagi kita untuk membumikan Alquran," ujar Ismunandar dalam sambutannya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC saat membacakan laporan panitia, mengucapkan selamat datang kepada para peserta dari seluruh Tanah Air di Unsyiah, kampus jantung hati rakyat Aceh.

"Semoga MTQMN ke-16 ini menjadi pengalaman terbaik dan dapat menjalin ukhuwah antar peserta," ucapnya. 

Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dalam sambutannya mengaku bahagia dan bangga dapat menjalin silaturahim dengan para mahasiswa utusan perguruan tinggi se-Indonesia. Kami bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menjadi tuan rumah pada event MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional Ke-16 tahun 2019 ini,” ujarnya.

Kegiatan MTQMN juga dimeriahkan dengan expo, pameran, lomba, pementasan, dan kegiatan lainnya. Bahkan, tambah Alfiansyah, pihaknya berencana untuk melibatkan peserta dalam pembacaan Asmaul Husna untuk memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).


#Unimed #mtq

Komentar Anda
Komentar