Hello,

Reader

Dijamin Enjoy, Ini 5 Tips Traveling ke Luar Negeri Bersama Lansia
ilustrasi
Dijamin Enjoy, Ini 5 Tips Traveling ke Luar Negeri Bersama Lansia

Jakarta, HanTer - Bepergian dengan lansia merupakan tantangan sendiri bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan traveling sehingga persiapan perlu dilakukan dengan lebih terencana.

Sejauh ini, traveling bareng teman-teman mungkin sudah sering kamu lakukan, bagaimana kalau pergi jalan-jalan dengan orang tua? Eits, enggak kalah serunya, kok, asalkan kamu melakukan persiapan jauh-jauh hari.

Rencanakan berbagai hal dengan baik, mulai dari destinasi, harga tiket pesawat agustus 2019, dan barang bawaan yang boleh dan tidak dibawa ketika traveling. Ini penting, agar liburan kamu berjalan lancar, nyaman, dan aman. Berikut 5 tips traveling dengan lansia ke luar negeri:

1. Pilih destinasi wisata ramah orang tua

Saat kamu memutuskan untuk mengajak orangtua liburan ke luar negeri, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan destinasi wisata yang ramah orang tua. Diskusikan dengan orangtua, apakah mereka ingin mengunjungi objek wisata seperti pantai atau hanya ingin berkeliling kota. Sesuaikan destinasi yang dipilih dengan durasi perjalanan yang akan kamu lakukan.

Untuk destinasi wisata yang ramah orang tua, hal yang perlu diperhatikan seperti jarak antara tempat satu dan lainnya. Apakah ada transportasi umum atau taksi? Kalau kamu akan mengunjungi taman atau situs bersejarah, akan lebih baik bila memilih tempat yang menyediakan banyak tempat duduk atau kedai kopi. Jadi, saat sudah lelah berkeliling, kamu bisa bersantai untuk istirahat di sana.

2. Persiapkan segala kebutuhan

Setelah destinasi wisata, hal yang berikutnya harus dilakukan adalah mempersiapkan kebutuhan selama traveling. Mengingat kamu akan jalan-jalan ke luar negeri, wajib cari tahu cuaca dan musim yang berlangsung di negara tujuan. Hal ini penting agar pakaian yang dibawa, bisa menyesuaikan dengan cuaca. Kalau sedang musim dingin, bawa jaket dan pakaian tebal. Nah, kalau kamu mengunjungi negara dengan cuaca panas, siapkan sunscreen dan baju berbahan katun yang menyerap keringat agar orangtuamu merasa aman dan nyaman.

3. Bawa barang secukupnya

Kalau pergi sama teman-teman, pasti barang bawaannya akan sesedikit mungkin. Berbeda traveling dengan lansia, pasti barang bawaan akan lebih banyak karena merasa dibutuhkan ketika di perjalanan. Ada barang-barang yang bisa ditinggal sehingga bagasi kamu tidak akan terlalu membengkak. Misalnya, selimut yang terlalu besar dan bisa diganti dengan pashmina agar lebih mudah dibawa. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan khusus yang sekiranya akan diperlukan, ya.

4. Waktu keberangkatan malam hari

Saat berencana traveling bersama orangtua dan tujuannya cukup jauh, sebaiknya kamu memilih waktu keberangkatan pesawat di malam hari. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat selama perjalanan, sehingga waktu tempuh yang lama tidak akan terlalu terasa. Kalau kamu pergi ke bandara memakai transportasi umum, seperti taksi atau kereta bandara, pastikan datang lebih awal untuk mengurangi risiko terlambat.

5. Sesuaikan bujet perjalanan

Perencanaan keuangan selama traveling adalah hal yang paling penting. Tentukan bujet yang akan dipakai selama perjalanan dan sesuaikan dengan destinasi tujuan. Kalau dana perjalanan kamu terencana dengan baik, tentu semua persiapan liburan bisa aman terkendali. Misalnya, dana perjalanan dibagi menjadi beberapa poin, seperti transportasi yang mencakup pesawat, hotel, sampai tiket masuk atraksi di destinasi pilihan.

Selain itu, tentukan juga biaya makan selama berada di negara tujuan dan bujet untuk belanja oleh-oleh. Selalu sediakan juga biaya tidak terduga seperti biaya obat-obatan agar bujet perjalanan tetap sesuai dengan rencana.

Nah, kalau persiapan kamu sudah dilakukan dengan terencana, tidak perlu takut untuk bepergian bersama lansia. Asalkan perencanaan dan komunikasi dilakukan dengan baik dengan semua orang yang diajak pergi bersama, traveling akan tetap terasa menyenangkan.

 

 


#5 #Tips #Traveling #Lansia

Komentar Anda
Komentar