Hello,

Reader

DKI Resmikan Aplikasi  Uji Emisi Kendaraan
DKI Resmikan Aplikasi  Uji Emisi Kendaraan


Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi Elektronik Uji Emisi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019) pagi.

"Mulai hari ini aplikasi E-Uji Emisi sudah bisa di-download (unduh) di ponsel masyarakat," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies bahkan mengecek sendiri kadar emisi kendaraan operasionalnya Toyota Kijang Innova bernopol B 1136 RFN.

Menurut Anies, aplikasi ini diluncurkan untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Warga DKI Jakarta, kata dia, akan mendapat panduan mengenai lokasi bengkel yang membuka layanan uji emisi.

"Di Jakarta sendiri ada sekitar 150 bengkel uji emisi yang tersebar di lima wilayah yaitu Jakarta Utara, Timur, Barat, Selatan dan Pusat," ujar Anies.

Tidak hanya mengenai lokasi bengkel, kata Anies, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui informasi lainnya tentang uji emisi. Diantaranya, identitas kendaraan yang sudah diuji emisi, informasi mengenai uji emisi, hasil uji emisi, pendaftaran bengkel hingga pendaftaran kendaraan.

"Peluncuran aplikasi ini bagian dari upaya pemerintah dalam mengendalikan kualitas udara. Bahkan sudah ada payung hukumnya mengebai uji emisi," imbuhnya.

Tercatat, ada empat payung hukum mengenai uji emisi di antaranya UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 92 tahun 2007 tentang Uji Emisi.

Kemudian Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 tahun 2008 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor serta Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 2 tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. 


#DKI #Aplikasi #Uji #Remisi

Komentar Anda
Komentar