Hello,

Reader

   Setuju dengan Rizal Ramli Soal Pertumbuhan Ekonomi Nyungsep, Rektor Perbanas: Prediksi Saya Juga di bawah 5%
Rektor Perbanas Institute, Hermanto Siregar
Setuju dengan Rizal Ramli Soal Pertumbuhan Ekonomi Nyungsep, Rektor Perbanas: Prediksi Saya Juga di bawah 5%

Jakarta, HanTer - Kalangan akademisi mengamini prediksi Begawan Ekonomi Rizal Ramli soal ekonomi RI yang akan ‘nyungsep’ di tahun 2019 ini.

Rektor Perbanas Institute, Hermanto Siregar menilai prediksi RR sapaan Rizal Ramli soal pertumbuhan ekonomi yang hanya akan tumbuh 4,5 % sangat mungkin terjadi.

“Bisa jadi. Saya juga memprediksi growthkita di bawah 5%,” ujar Hermanto, Jumat, (16/8/2019).

Hermanto memiliki sejumlah alasan mengamini prediksi dari RR tersebut. Salah satunya ialah soal dampak dari pembangunan infrastruktur.

“Karena (pembangunan infrastruktur) yang dilakukan telah menyedot sumberdaya fiskal sehingga anggaran pemerintah defisit,” ungkap Hermanto.

Hermanto menambahkan apabila ketersediaan infrastruktur tersebut tidak mampu mendorong laju aktivitas ekonomi diprediksi pertumbuhan ekonomi akan berada di kisaran 5 persen atau bahkan di bawah.

“Maka defisit anggaran pemerintah bisa menjadi lebih buruk. Coba dicek penerimaan pajak, saya kira hingga saat ini masih jauh di bawah target,” papar Hermanto.

Hermanto menyarankan agar pembangunan infrastruktur yang sudah terbangun dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Hal ini agar roda ekonomi berjalan lebih cepat, biaya transaksi menjadi lebih rendah, dan akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ungkap Hermanto.

Hermanto menegaskan tren
pertumbuhan global yang menurun telah memberikan sinyal kepada bangsa agar berupaya untuk lebih memacu perdagangan domestik.

“Harus dapat dipastikan bahwa manfaat yang dihasilkan dari upaya tersebut musti melebihi dampak negatif dari perlambatan pertumbuhan global,” pungkas Hermanto.

Sebelumnya, Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus ekonom senior Rizal Ramli memprediksi ekonomi Indonesia bakal ‘nyungsep’ tahun ini. Rizal memperkirakan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2019 cuma sebesar 4,5%.


#RizalRamli

Komentar Anda
Komentar