Hello,

Reader

Jokowi Diminta Ganti Mobil Dinas dengan Esemka
Istimewa
Jokowi Diminta Ganti Mobil Dinas dengan Esemka

Jakarta,HanTer - Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan pabrik perdana l PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah, yang memproduksi mobil Esemka.

Sejumlah kalangan menyarankan agar Esemkajadi mobil dinas kepresidenan menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard yang digunakan Presiden Jokowi saat ini.

"Mobil Esemka sebaiknya digunakan presiden sebagai mobil kepresidenan, tak menggunakan Alphard, Mercy," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir usai menghadiri acara diskusi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9).

Nasir juga meminta agar pihak pabrik yang memproduksi Mobil Esemka untuk transparan dan terbuka soal komponen mobil yang digunakan saat ini. Ia menyatakan seharusnya dijabarkan apakah komponennya 100 persen berasal dari dalam negeri atau impor dari luar negeri.

"Ya kan harus diketahui, komponen-komponennya apakah dari lokal atau dari luar. Kemudian ciri-cirinya seperti apa, apakah mirip mobil luar atau seperti apa," kata dia.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Dia menyarankan Presiden Joko Widodo mengganti mobil dinasnya dengan kendaraan hasil produksi Esemka.

Menurutnya, bila Jokowi menggunakan produk Esemka sebagai mobil dinas maka akan menjadi semangat yang baik untuk diikuti oleh masyarakat. Terlebih, mobil dinas Jokowi yang bermerek Mercedes-Benz S 600 Guard baru mogok di tengah kunjungan kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9).

"Ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan. Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan sudah diproduksi. Ganti dulu pakai mobil Esemka," kata Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (6/9).

Gunakan Esemka

Terpisah, Direktur Re-industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Achmad Rizal meminta pemerintah untuk menggunakan produk karya anak bangsa seperti Esemka sebagai wujud nyata mendukung industrialisasi.

"Peranan pemerintah justru di situ, tidak hanya membantu dengan kebijakan tapi juga memberi dukungan moral dengan membeli dan menggunakan produk karya anak bangsa," kata Achmad Rizal dilansir Antara.

Rizal menuturkan dukungan pemerintah itu juga berlaku untuk semua produk karya anak bangsa selain Esemka, misalnya motor listrik Gesits.


#Jokowi #esemka

Komentar Anda
Komentar