Hello,

Reader

Ajakan SBY Dukung Pemerintahan Jokowi Dinilai Wajar dan Rasional
Ajakan SBY Dukung Pemerintahan Jokowi Dinilai Wajar dan Rasional

Jakarta, HanTer - Ajakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada masyarakat untuk sama-sama mendukung pemerintahan Jokowi-Maruf dinilai suatu hal yang wajar dan rasional.

Direktur Eksekutif Indonesian for Transparency and Akuntability (Infra) Agus Chaerudin, mengapresiasi ajakan SBY yang dikemukakan melalui pidato kontemplasinya.

Agus menilai, suatu hal yang wajar bila Demokrat ingin berubah haluan dengan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Menurutnya, hal itu merupakan pilihan rasional karena memikirkan nasib partainya pasca-Pemilu Presiden 2019.

"Tidak mungkin partai politik ingin kalah dan menderita, lalu mati-matian ada dalam barisan oposisi. Partai politik ada dan dibentuk untuk meraih kekuasaan dengan cara konstitusional yaitu melalui Pemilu," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, posisi Partai Demokrat strategis untuk koalisi Jokowi-Ma'ruf lima tahun ke depan. Terutama, untuk mengamankan berbagai kebijakan agar disetujui di parlemen.

"Kemungkinan Demokrat untuk bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma'ruf sangat terbuka. Jokowi-Ma'ruf tentu butuh koalisinya kuat untuk mengamankan kebijakan di parlemen," kata dia.

Dia mengatakan, Jokowi-Ma'ruf tentu memiliki kepentingan untuk mengamankan kebijakan-kebijakan pemerintah dan menjaga stabilitas politik dalam lima tahun ke depan.

Melemah

Sebelumnya diketahui, SBY melalui pidato kontemplasinya sempat menyebut saat ini rasa persaudaraan rakyat Indonesia melemah. Sementara, permusuhan antar lapisan masyarakat yang berbeda identitas menguat.

Menurutnya, kondisi demikian identik dengan lampu kuning.

"Terus terang, tahun-tahun terakhir ini kasih sayang dan rasa persaudaraan ini melemah, sementara kebencian, jarak dan permusuhan di antara komponen bangsa yang berbeda identitas menguat. Ini lampu kuning," tutur SBY saat menyampaikan Pidato Kontemplasi di Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9/2019). 


#SBY

Komentar Anda
Komentar