Hello,

Reader

Gelaran Panggung Literasi Jadi Stimulan Masyarakat Agar Cinta Perpustakaan
Gelaran Panggung Literasi Jadi Stimulan Masyarakat Agar Cinta Perpustakaan

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beserta jajaran berupaya meningkatkan minat baca bagi anak-anak. Salah satunya upayanya, melalui gelaran acara Panggung Literasi bertemakan "Dengan Buku Aku Berkarya".

Adapun acara yang terselenggara di Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, Sabtu (14/9/2019) itu, sekaligus dalam rangka memperingati hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 September

"(Acara digelar,-red) dalam rangka hari kunjung perpustakaan. Animo dilihat dari kepesertaan yang cukup besar," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, di lokasi, Sabtu (14/9/2019).

Ia berharap, acara itu dapat menstimulus animo masyarakat khususnya anak-anak usia dini untuk gemar membaca dan berkunjung ke perpustakaan.

"Kami bagaimana meningkatkan upaya baca untuk anak usia dini. Jadi, PAUD disiapkan oleh dinas pendidikan. Kami support PAUD yang ada di Jakarta Pusat khususnya dan DKI Jakarta umumnya. Sehingga, budaya membaca sudah mulai dari usia dini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Panggung Literasi dari Komunitas Rupa Kata (Koruka), Frans Eko Danto, mengungkapkan, pihaknya berupaya meningkatkan minat dan bakat anak di bidang sastra. Karena menurutnya, meningkatkan minat dan bakat anak sejatinya harus dilakukan sejak dini.

"Yang kami tanam adalah kecintaan kegemaran untuk membaca kecintaan untuk datang ke perpustakaan yang sehari-nya ada di lingkungan kita," ujarnya.

Pria tampan berkacamata itu sekaligus mengucapkan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak hingga terselenggaranya acara tersebut.

"Suksesnya acara ini merupakan wujud aktif dari kolaborasi masyarakat, komunitas, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dalam hal ini diwakili Suku Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jakarta Pusat," ujar Frans.

Untuk diketahui, serangkaian acara mulai dari pembacaan puisi, pentas teater, resensi buku, dan mural digelar sejak Sabtu pagi hingga pukul 19.30WIB.

Selama menyelenggarakan acara, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat bekerjasama dengan komunitas-komunitas sastra, sanggar teater, dan sejumlah sekolah di wilayah Jakarta Pusat.


#Perpustakaan #baca #masyarakat

Komentar Anda
Komentar