Hello,

Reader

Kirim Film ke Academy Awards (Oscar) 2020, Karya Garin Nugroho Wakili Indonesia
Para Komite Film Indonesia/ ril
Kirim Film ke Academy Awards (Oscar) 2020, Karya Garin Nugroho Wakili Indonesia

Jakarta, HanTer – Aneh bin ajaib, masih menjadi kontroversi terkait film yang dianggap tak lazim justru menjadi wakil Indonesia di ajang  bergensi. Padahal, film ini sempat ditolak Front Pembela Islam (FPI) lantaran bertentangan dengan nilai-nilai Islamdan kultur budaya orang Indonesia. 

Kendati demikian, film 'Kucumbu Tubuh Indahku' garapan Garin Nugroho resmi mewakili Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscar 2020. Film tersebut  mewakili Indonesia di kategori International Feature Film atau dulu lebih dikenal sebagai Best Foreign Language Film.

"Sejauh ini setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards Selection Comitee 2019 menetapkan, film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia dalam Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film," kata Sheila Timothy, selaku Sekretaris Komite Film Indonesia dalam konferensi pers di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Christine Hakim, selaku Ketua Komite Seleksi menyatakan film itu tersebut  dipilih karena memiliki paket lengkap. 

"Kami sepakat memilih film Kucumbu Tubuh Indahku, karena kami melihat bahwa dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap. Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa," jelas nya.

Lebih lanjut, perempuan 62 itu mencontohkan adegan percintaan dalam film Kucumbu Tubuh Indahku digambarkan tidak seperti biasa sebagaimana orang bercinta yang vulgar. Namun, hal itu digambarkan melalui gerak tari lengger.

Oscar 2020 sendiri akan digelar di Dolby Theatre Hollywood Los Angeles, 9 Februari 2020. Dengan keputusan ini, 'Kucumbu Tubuh Indahku' akan bersaing dengan 'Parasite' dari Korea Selatan dan 'Weathering with You' dari Jepang untuk menjadi nominasi kategori tersebut.

Seperti diberitakan, film ini termasuk satu dari 9 film unggulan yang diseleksi oleh komite bentukan Persatuan Produser Film Indonesia yang dikepalai Firman Bintang. 
 


#Film #Kucumbu #Oscar

Komentar Anda
Komentar