Hello,

Reader

Fraksi NasDem DPRD DKI Minta Pemprov Fokus Persoalan Sampah di Kepulauan Seribu
Fraksi NasDem DPRD DKI Minta Pemprov Fokus Persoalan Sampah di Kepulauan Seribu

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta segera menata kembali pariwisata di Kepulauan Seribu. Pasalnya, saat ini masih banyak sampah yang terapung di perairan kepulauan seribu yang menghambat lalu lintas transportasi laut di wilayah itu.

"Masalah sampah di Kepulauan Seribu ini seringkali muncul. Beberapa kali saya berperahu tersangkut sampah, harus diselesaikan masalah sampah di Kepulauan Seribu agar pariwisata di sini semakin menggeliat," ujar anggota DPRD DKI Jakarta fraksi Nasdem, Nova Harivan Paloh, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (17/9/2019).

Untuk meminimalisir sampah di Kepulauan Seribu pihaknya akan mengajukan sistem pengolahan sampah terpadu. Salah satunya, dengan mendirikan intermediate treatment facility (ITF) skala kecil sehingga sampah-sampah di Kepulauan tidak perlu dibawa ke daratan dan selesai di pulau.

"Lalu, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) juga harus ditambahkan untuk menjaga kesehatan lingkungan bagi masyarakat. Jangan sampai mereka buang air besar sembarangan yang akan mengganggu para wisatawan," katanya.

Dalam kesempatan ini, seluruh anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta melakukan audiensi dengan Bupati Kepulauan Seribu di kantornya.

Prioritas Pengembangan
Menurut Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, kunjungannya tersebut atas inisiatif salah satu kadernya, Muhammad Idris yang berasal dari Kepulauan Seribu.

"Mohammad Idris merupakan putra Kepulauan Seribu. Dia memiliki mimpi menjadikan pulau seribu sebagai sisi terdepan DKI Jakarta, bukan lagi sisi terluar. Maka, jika DKI Jakarta adalah rumah kita, Pulau Seribu adalah halaman rumah kita dan kita wajib menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan halaman terdepan kita," kata Wibi.

Ke depan, kata Wibi, pembangunan infrastruktur di Kepulauan Seribu harus menjadi prioritas dan tuntas. Dia meyakinkan, setiap mata anggaran untuk kepentingan masyarakat Kepulauan Seribu tidak lagi dicoret tanpa alasan apapun.

"Pelabuhan Kaliadem harus diperbaiki karena terlalu curam , berbahaya dan sulit apabila ada jenasah. Kami juga mengusulkan adanya ambulance kapal untuk mengangkut jenazah atau warga yang sakit dari pulau ke daratan. Partai Nasdem mendukung penuh kemajuan pulau seribu," tegasnya.

Salah satu keunggulan lain yang perlu mendapat perhatian adalah produk olahan dari buah sukun. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta harus bisa mengembangkan produk olahan buah sukun itu menjadi ole-ole khas Kepulauan Seribu.

"Kami juga salut kepada pak Bupati, Husein Murad yang menginstruksikan seluruh jajarannya untuk menghentikan penggunaan plastik sekali pakai. Ini baik untuk menjaga lingkungan ke depannya," ucapnya.


#Nasdem #sampah #dki #pemprov #pulauseribu

Komentar Anda
Komentar